Forum Konsultasi Publik RKPD 2022, Bupati Soppeng: Solid dan Loyalitas

  • Whatsapp
Forum Konsultasi Publik RKPD 2022, Bupati Soppeng: Solid dan Loyalitas

PAREPOS.CO.ID, SOPPENG — Pemerintah Kabupaten Soppeng menggelar konsultasi publik rancangan awal Rencana Kerja Pemerintah Daerah (RKPD) Kabupaten  Soppeng 2022 melalui virtual zoom di Ruang SCC Lamataesso Kantor Bupati Soppeng, Selasa 2 Februari.

Bupati Soppeng, H Andi Kaswadi Razak saat membuka kegiatan tersebut, dengan tegas mengharapkan kehadiran para Camat, Lurah/ Kepala Desa sebagai leading sektor dan pilar terdekat kepentingan pembangunan Daerah.

Bacaan Lainnya

Forum konsultasi publik ini, kata Andi Kaswadi, merupakan tahapan strategis yang harus dibicarakan dalam menghadapi situasi dan kondisi saat ini, dalam hal perencanaan pembangunan daerah tahun 2022.

Kondisi yang dihadapi saat ini dibutuhkan komitmen kebangsaan, komitmen dalam  menghadapi situasi dan kondisi apapun. Solid dan loyalitas harus diperlihatkan dan pengabdian adalah segala-galanya.

Selain itu, Andi Kaswadi menjelaskan, forum konsultasi publik yang dilaksanakan ini merupakan amanat Permendagri Nomor 86/ 2017, bahwa rancangan awal RKPD dibahas bersama dengan kepala perangkat daerah dan pemangku kepentingan, untuk memperoleh masukan dan saran terhadap prioritas dan sasaran pembangunan tahun 2022.

Forum konsultasi publik ini juga merupakan tahapan penting sebelum dilaksanakan Musrenbang RKPD kecamatan, forum lintas perangkat daerah dan Musrenbang RKPD kabupaten.

Menurut Andi Kaswadi, adapun prioritas pembangunan yang akan dilaksanakan pada tahun 2022, yakni peningkatan kualitas hidup manusia, pemenuhan SPM pelayanan dasar dan pelayan publik lainnya, pengembangan fasilitas ekonomi wilayah,
pertumbuhan ekonomi yang berkelanjutan dan inklusif, peningkatan kualitas infrastruktur, pelestarian lingkungan dan sumberdaya alam, serta peningkatan Kualitas pelayanan birokrasi untuk tata kelola yang baik.

Disamping itu, lanjut Bupati Soppeng, ada beberapa hal yang juga menjadi isu stastrategis tahun 2022. Diantaranya pemulihan ekonomi akibat dampak pandemik Covid-19, perbaikan kesejahteraan sosial, pemenuhan standar minimal pelayanan dasar, pengembangan infrastruktur daerah, perbaikan tata kelola kepemerintahan, optimalisasi pencapaian tujuan pembangunan berkelanjutan (SDGs)
Dengan berpedoman pada arah    pembangunan berdasarkan RPJPD Kabupaten Soppeng 2005 – 2025, visi-misi dan program prioritas kepala daerah terpilih, isu strategis di Kabupaten Soppeng.

Maka tema pembangunan Kabupaten Soppeng tahun 2022 adalah ‘Percepatan Pemulihan Akibat Covid-19 Melalui Penguatan Sumber Daya Manusia, Pemantapan Daya Saing Daerah  dan Peningkatan  Kualitas Tata Kelola Pemerintahan’. (wis/B)