BKKBN Gelar Diklat Orientasi Pendataan Keluarga Tahun 2021

  • Whatsapp
BKKBN Gelar Diklat Orientasi Pendataan Keluarga Tahun 2021

PAREPOS.CO.ID,POLMAN — Dinas Pengendalian Penduduk Keluarga Berencana Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak (DP2KPB3A) Polman menggelar Pendidikan dan Pelatihan (Diklat) orientasi pendataan keluarga tahun 2021.

Kepala Dinas P2KBP3A Ahmad Kilang menjelaskan kegiatan diklat ini di gelar untuk melatih para Pendata yang turun di Masyarakat agar data yang di input tersebut valid dan benar. Sebenarnya kegiatan ini terlaksana di tahun 2020, namun karna Covid 19 sehingga pelaksanaannya baru bisa dilaksanakan tahun ini. Pendataan ini juga akan dimulai 1 April 2021 mendatang hingga bulan Mei 2021, dengan tujuan data yang diinput ada singkron dengan data yang ada.

“Data ini juga kata Ahmad kilang’bukan hanya untuk kepentingan BKKBN,melainkan semua Instansi yang berhubungan Dengan keluarga bisa melihat data yang telah di ambil oleh Petugas kami, sebab data yang diambil ini sesuai dengan “By Name by Adres” yang sudah ada dalam Perencanaan yang disesuaikan dengan Program Nasional 5 tahunan,”sambungnya.

Menurutnya”meskipun bagian pendataan itu ranahnya Badan Pusat Statistik (BPS) namun karna pendataan ini menyangkut Keluarga yang notabene lining sektornya BKKBN sehingga kita juga melakukan pendataan. data tersebut juga nantinya akan di kolaborasikan dengan data yang ada di BPS.

Data yang diambil ini selanjutnya akan divalidasi di Desa, setelah rampung. ” Hasilnya akan di kirim ke Badan Koordinasi dan Keluarga Berencana Nasional (BKKBN) Provinsi Sulbar untuk diteruskan ke Pusat,”jelasnya, Jumat 19 Februari 2021 usai membuka orientasi pendataan Keluarga yang digelar di Aula Kantor BKKBN Polman, Jalan Ahmad Yani No 6.

Lanjutnya, petugas yang turun melakukan Pendataan tersebut akan mendata satu keluarga dalam rumah tangga untuk mengetahui seperti apa tingkat kemiskinan yang ada di wilayah itu dan juga seperti apa jumlah kepadatan penduduk yang ada di wilayah itu. Pendataan ini serentak di gelar di 6 kabupaten yang ada di Sulbar yang dimulai pada 1 April 2021 mendatang,”tutupnya.(win/B)

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *