Tangkal Hoax, Peringati HPN dan HUT Kota Parepare, SMSI akan Gelar Diklat Jurnalis

  • Whatsapp

PAREPOS.CO.ID, PAREPARE — Memasuki tahun 2021, Serikat Media Siber Indonesia (SMSI) Kota Parepare akan mengelar sejumlah agenda. Rencana itu tertuang dalam program kerja organisasi yang baru terbentuk sekira 2 bulan lalu.

Ketua SMSI Parepare, Ade Cahyadi mengatakan, untuk agenda awal tahun, SMSI akan melibatkan sejumlah peserta dalam Pendidikan & Latihan (Diklat) bertajuk ‘Jurnalis Media Siber Memberantas Hoax Melalui Pelatihan Cek Fakta’. Dimana tujuannya memberantas hoax yang marak terjadi serta meningkatkan skill jurnalis media online dalam cek fakta.

Bacaan Lainnya

Sesuai kesimpulan rapat yang baru digelar, pengurus SMSI Kota Parepare akan mengagendakan diklat kewartawanan,sekalian dalam rangka memperingati Hari Pers Nasional dan menyambut HUT Kota Parepare ke 61,” tutur Ade menjelaskan seusai memimpin rapat, Sabtu 9 Januari, di Warkop 588.

Ade menjelaskan, program pendidikan dan latihan tersebut sesuai dengan petunjuk Wali Kota Parepare DR HM Taufan Pawe yang juga Ketua Dewan Penasehat SMSI Kota Parepare untuk menunjang peningkatan kapasitas para pewarta. Dalam mendukung kinerja jurnalistik pada khususnya, dan menjadi bagian konstruktif mendorong pembangunan masyarakat Parepare melalui karya jurnalistik yang berkualitas.

Lebih jauh, Direktur Utama Media Siber PAREPOS.CO.ID itu menjelaskan, tidak hanya wartawan yang akan dilibatkan sebagai peserta diklat, namun seluruh intitusi maupun lembaga yang bekerja dibawa kehumasan akan turut diundang untuk mendukung penyebaran informasi publik yang lebih masif dan profesional. Hal itu dilakukan sebagai upaya mendukung pemerintah menyebarkan informasi yang positif, edukatif dan kredibel yang dapat dipertanggungjawabkan. “Sudah barang tentu langkah ini sebagai sikap antisipatif membendung masifnya informasi sesat dan hoax yang dapat menghambat pembangunan dan menciptakan suasana yang tidak kondusif ditengah masyarakat yang semakin modern,” terangnya.

Sekretaris SMSI Kota Parepare Agung Sabir menambahkan, selain diklat, organisasi SMSI Parepare juga membuka ruang kepada media siber yang belum bergabung dalam organisasi SMSI agar segera melengkapi berkas sebagai syarat bergabung dalam organisasi perusahaan pers tersebut. Kata dia, pihaknya akan membuka pendaftaran hingga akhir bulan Maret 2021 ini. “Kami selaku sekretaris SMSI mengundang kepada para owner media siber untuk segera melengkapi berkas agar dapat bergerak bersama membesarkan SMSI di Parepare,” paparnya

Sekedar diketahui, jumlah media yang tergabung dalam SMSI Kota Parepare, saat ini sebanyak 7 perusahaan media online. Media-media tersebut telah mengantongi legal standing sesuai yang dipersyaratkan organisasi.(wal)

Pos terkait


Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *