Puskesmas Gelar Simulasi Vaksinasi Covid-19

  • Whatsapp
Simulasi pemberian vaksinasi di Puskesmas

PAREPOS.CO.ID, PAREPARE – Simulai vaksinasi dilakukan Puskesmas Lakessi, Senin 11 Januari 2021. Tampak perlengkapan fisik disiapkan. Seperti pendaftaran, screening, tempat vaksin, dan ruang observasi. Kepala Puskesmas Lakessi, Ilham Willem mengatakan, pihaknya telahmenyiapkan fasilitas vaksinasi Covid-19. Tenaga kesehatan jufa telah siap. Diungkapkan, alur pertama, pasien melakukan cuci tangan dan pengecekan suhu, serta memakai masker.  “Setelah cuci tangan dan cek suhu, masuk ke meja pendaftaran. Menunggu panggilan, kemudian screening,” katanya.

Dikatakan, screening macam-macam. Apakah dia pernah terkonfirmasi positif, ada penyakit atau tidak. Setelah itu diarahkan ke tempat vaksinasi, kemudian observasi, sekaligus memberikan edukasi. Simulasi, ujarnya, dilaksanakan untuk memperlancar tenaga medis melaksanakan vaksinasi Covid-19 nantinya. Ia mengaku yang mendapatkan vaksinasi pertama adalah tenaga kesehatan. “Untuk yang awal itu semua tenaga medis yang mendapatkan undangan vaksinasi. Terutama yang belum terkonfirmasi Covid 19. Simulasi kita adakan agar petugas lebih lancar, dan mereka paham alurnya,” imbuhnya.

Bacaan Lainnya

Ilham menambahkan, untuk ruang observasi, disediakan tempat tidur, bertujuan melihat reaksi dari vaksinasi Covid-19. 15 menit hingga 20 menit. Di ruang observasi, Ilham mengaku disediakan tenaga kesehatan, seperti dokter, perawat, dan bidan untuk memberikan edukasi. Serta mengecek reaksi dari vaksin. “Secara umum, vaksinasi itu mirip vaksinasi pada anak. Ada reaksi, seperti badan panas. Secara psikologis sudah disuntik merasa oleng dan lainnya. Sehingga untuk vaksinasi Covid-19 ini juga kita menyediakan tempat untuk observasi, melihat reaksi,” katanya. (ana/B)

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *