Kunjungi Majene, Menko PMK: Seribu Rumah Rusak Segera Direhabilitasi

  • Whatsapp
Kunjungi Majene, Menko PMK: Seribu Rumah Rusak Segera Direhabilitasi

PAREPOS. CO. ID, MAJENE-Pasca gempa bumi berkekuatan 6,2 Magnitudo di Kabupaten Majene, identifikasi dan pendataan korban berikut tempat tinggal terus dilakukan pihat terkait. Hal itu cepat dilakukan terkait dengan upaya rehabilitasi rumah korban gempa bumi.

Menteri Koordinator PMK RI, Muhadjir Efendy saat kunjungannya di Desa Sulai Kecamatan Ulumanda, Majene mengatakan sesuai dengan informasi dari Bupati Majene, masyarakat pengungsi akan segera kembali ke rumah masing-masing. Akan tetapi, tidak langsung beraktifitas di dalam rumah. Namun akan difasilitasi dengan membuatkan tenda di area rumah yang dinilai aman tersebut.

Bacaan Lainnya

Termasuk dengan upaya beradaptasi menghilangkan trauma (trauma healing), dianggap langkah yang tepat dan bagus untuk dilakukan. “ Kta memiliki perhatian serius terkait masalah gempa ini, untuk perbaikan rumah yang hancur akan dikategorikan terlebih dahulu oleh pemerintah pusat. Sedangkan yang ringan- ringan tentu menjadi urusan pemda, “ sebutnya.

Sedangkan untuk data sementara terkategori rumah warga rusak berat telah mencapai jumlah 1.000 unit rumah. Karena itu setelah ada data real, termasuk masa rehabilitasi dan rekon secapatnya akan dipulihkan. Untuk itu, pendataan harus segera rampung dan akurat.

Sementara Plt Bupati Majene, Lukman menyampaikan bagi pengungsi jika kondisi sudah aman dan stabil sebaiknya warga pengungsi sudah bisa kembali pulang ke rumahnya. Tentunya, akan difasilitasi dengan tenda yang layak di area rumah. Ini juga penting diperhatikan agar tidak menimbulkan gangguan kesehatan bagi pengungsi itu sendiri. (edy/B)

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *