Bunga Sulsel Dikirim ke Kalimantan

  • Whatsapp
Bunga yang siap diberangkatkan ke Kalimantan dari Pelabuhan Nusantara Parepare

PAREPOS.CO.ID, PAREPARE- Warga Kalimantan berminat dengan tanaman hias atau bunga di Sulsel. Termasuk dari Parepare. Seperti terlihat di Pelabuhan Nusantara Parepare, Rabu, 13 Januari. Pengiriman ratusan tanaman hias diantarpulaukan ke Kalimantan. Kepala Karantina Pertanian Kelas I Parepare, Andi Faisal mengungkapkan, setidaknya 100 bunga jenis keladi hias dan jenis miyana dikirim ke Balikpapan, Kalimantan Timur. “Sebelum dikirim, tanaman hias wajib lapor karantina untuk dilakukan pemeriksaan oleh pejabat karantina,” ungkapnya.

Pemeriksaan yang dilakukan, kata Faisal, meliputi pemeriksaan fisik, kesesuaian jenis dan jumlah. Untuk memastikan tanaman hias tersebut bebas dari penyakit tumbuhan. “Berdasarkan hasil pemeriksaan dinyatakan sehat, selanjutnya diterbitkan sertifikat kesehatan tumbuhan antar area KT-12 sebagai jaminan kesehatan dari karantina pertanian,” jelasnya.

Selama pandemik Covid-19, pengiriman tanaman hias dari Parepare memang terus meningkat. Peminatnya cukup tinggi. Bahkan, Januari 2021, sudah dua kali pengiriman tanaman hias, berjumlah 100 tanaman hias ke Nunukan, dan 100 ke Balikpapan. “Dengan melapor karantina, kita pastikan setiap komoditas pertanian, baik hewan maupun tumbuhan yang akan dilalulintaskan aman dan bebas dari hama penyakit,” tutup Andi Faisal. (mat/B)

Pos terkait


Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *