Soppeng Sosialisasikan Pemanfaatan Siber dan Persandian

  • Whatsapp
Soppeng Sosialisasikan Pemanfaatan Siber dan Persandian

PAREPOS.CO.ID, SOPPENG — Pemerintah Kabupaten Soppeng melalui Dinas Komunikasi dan Informatika (Kominfo) mensosialisasikan pemanfaatan Siber dan Persandian untuk meningkatkan keamanan informasi dan mencegah pesatnya ancaman siber.

Kegiatan yang berlangsung di ruang Pola Kantor Bupati Soppeng, Kamis 3 Desember, dengan tetap menerapkan protokol kesehatan. Dengan materi yang disajikan secara virtual oleh Badan Siber dan Sandi Negara (BSSN) Republik Indonesia, diikuti para perwakilan SKPD dan pemerintah kecamatan lingkup Pemkab Soppeng.

Yoyok Darmanto dari BSSN selaku pemateri menjelaskan, untuk pencegahan pesatnya ancaman siber, dibutuhkan pemahaman tentang pemanfaatan siber dan sandi untuk peningkatan keamanan informasi dan aplikasi.

“Beberapa hal yang dibutuhkan pemahaman untuk itu, diantaranya adalah tentang serangan siber, darkweb, peningkatan keamanan website, tanda tangan elektronik, penerapan jaring komunikasi sandi, dan aplikasi file enkripsi” tutur Sandiman muda BSSN tersebut.

Sementara Sekretaris Dinas Kominfo Soppeng, Ilham mengatakan, sosialisasi pengamanan Informasi dan mencegah pesatnya ancaman Siber merupakan bentuk kerjasama antara Dinas Kominfo Kabupaten Soppeng dengan Badan Siber dan Sandi Negara.

“Kami berharap apa yang kita peroleh pada kegiatan ini akan memberikan manfaat yang besar terutama bagi ASN yang banyak memanfaatkan teknologi dan menjelajah dunia siber dalam pelaksanaan aktifitas pekerjaannya dapat memproteksi diri secara dini dari ancaman dunia siber,” jelas Ilham. (wis/B)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *