Silaturahmi Tokoh Lintas Agama, Bupati Pinrang: Sebarkan Energi Kebersamaan

  • Whatsapp
Silaturahmi Tokoh Lintas Agama, Bupati Pinrang: Sebarkan Energi Kebersamaan

PAREPOS.CO.ID, PINRANG — Dalam rangka penguatan peran tokoh agama, Forum Kerukunan Umat Beragama (FKUB) Kabupaten Pinrang melakukan kegiatan silaturahmi Tokoh Lintas Agama. Kegiatan itu dihadiri Bupati Pinrang, HA Irwan Hamid, Kapolres Pinrang AKBP M Arief Sugihartono, Ketua FKUB Kabupaten Pinrang Dr Sulaiman Taha, Kepala Kantor Kemenag, H Irfan Daming, Sekda, Andi Budaya, Kepala Badan Kesbangpol Rahman Usman, para tokoh agama serta pimpinan organisasi keagamaan, yang dilaksanakan di Hotel MS, Jalan Sukawati Kabupaten Pinrang, Kamis 3 Desember 2020.

Ketua FKUB Kabupaten Pinrang Dr Sulaiman Taha menjelaskan, silaturahmi lintas agama ini bertujuan untuk memperkokoh persaudaraan antar sesama pemeluk agama yang ada di Kabupaten Pinrang. “Selain guna memperkuat persaudaraan dalam beragama, kita juga berharap agar dapat mengantisipasi tindak kekerasan, diskriminasi maupun teror yang mengatasnamakan agama,” jelasnya.

Sementara, Bupati Pinrang, HA Irwan Hamid dalam sambutannya mengatakan, upaya masyarakat maupun tokoh agama termasuk FKUB sebagai mitra Pemerintah dalam menyebarkan energi kebersamaan, merawat kerukunan dan menempatkan diri di atas dan untuk semua golongan agama sudah terbilang sangat baik. “Kami berharap para tokoh agama hendaknya dapat terus membangun komunikasi melalui dialog atau silaturahmi lintas agama seperti ini, agar selalu terpelihara kesepahaman antar umat beragama” harap Bupati Pinrang.

Ia juga menyampaikan bahwa Kabupaten Pinrang pada umumnya berada dalam suasana yang aman, tentram dan damai, meskipun dengan latar belakang agama yang berbeda. “Olehnya itu, kami mengajak kepada seluruh elemen termasuk masyarakat dan tokoh agama agar merawat keharmonisan kehidupan beragama yang sudah terjalin dengan baik ini. Sebab ini merupakan tugas dan tanggung jawab kita semua,” tegasnya.

Tidak hanya itu, dalam kesempatan yang sama, Irwan juga menyinggung terkait perkembangan media sosial saat ini. Yang mana ada sisi positif maupun negatif yang bisa didapatkan. “Kepada seluruh elemen yang hadir, diharapkan agar terus memberikan edukasi kepada masyarakat terkait pentingnya menyaring informasi yang sudah semakin cepat ini. Dan saya pun sangat yakin melalui kegiatan seperti ini, kita dapat mengkomunikasikan kendala-kendala yang ditemui di luar sana,” pungkasnya. (dar/B)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *