PLN Sulselrabar Jamin Pasokan Listrik di Pilkada dan Nataru

  • Whatsapp
PLN Sulselrabar Jamin Pasokan Listrik di Pilkada dan Nataru

PAREPOS.CO.ID,MAKASSAR– PT PLN (Persero) Unit Induk Wilayah Sulawesi Selatan, Sulawesi Tenggara dan Sulawesi Barat (Sulselrabar) menjamin pasokan listrik menjelang Pilkada serentak, Natal 2020 serta Tahun Baru 2021 (Nataru) tetap aman. Kesiapan pasokan listrik ini telah didukung dengan sistem kelistrikan di Sulawesi bagian Selatan, dengan total Daya Mampu mencapai 1.927 MW, Beban Puncak sebesar 1.347 MW serta memiliki reserve margin atau cadangan daya sebesar 581 MW.

Besaran daya tersebut, juga didukung dengan 45 Gardu Induk serta 383 penyulang di Sulselrabar sehingga dapat memperkuat sistem kelistrikan yang andal. General Manager PLN UIW Sulselrabar, Ismail Deu, mengatakan, seluruh Unit Induk Wilayah harus mendukung kesiapan serta kesiagaan dalam menjamin pasokan listrik menghadapi Pilkada serentak, Natal 2020 dan tahun baru 2021 (Nataru) agar tetap andal. “Untuk Pilkada, masa siaga ini akan kami mulai pada 7 – 20 Desember 2020, hingga pemungutan suara berakhir. Untuk Natal, akan dimulai pada 24 – 26 Desember 2020, sedangkan Tahun baru, akan disiagakan pada 31 Desember – 2 Januari 2020,” ujarnya saat Media Briefing, di Aula Lt 1, Kantor PLN UIW Sulselrabar, Jl Hertasning, Kota Makassar, kemarin.

Bacaan Lainnya

Senior Manager Distribusi PLN Sulselrabar, Muhammad Taqwa, mengatakan, selain dari sistem kelistrikan yang aman jelang Pilkada dan Nataru, PLN UIW Sulselrabar juga telah menyiapkan beberapa SOP untuk kesiagaan dalam menjaga pasokan listrik andal selama Pilkada dan Nataru, diantaranya menyiapkan posko siaga, pemeliharaan sistem telekomunikasi selama 24 jam.

Bahkan, PLN UIW Sulselrabar telah menyiapkan 308 posko Natal dan Tahun Baru beserta 2.555 personelnya di seluruh unit Sulselrabar, termasuk Tim PDKB (Pekerjaan Dalam Keadaan Bertegangan) untuk jaringan distribusi 20 kV yang terdiri dari 2 Tim Sentuh Langsung dan 5 Tim Metode Berjarak untuk mempercepat penanganan gangguan. Tidak hanya itu, PLN UIW Sulselrabar juga menyiagakan 58 Unit Gardu Bergerak (UGB), 33 Uninterruptible Power Supply (UPS), 15 Unit Crane, 250 Unit mobil pelayanan, 129 Unit Motor pelayanan dan 139 unit genset sebagai back up apabila terjadi gangguan.

PLN UIW Sulselrabar juga telah melakukan upaya pemeliharaan terpadu yang telah dilakukan yakni pemeliharaan jaringan distribusi 20 kV sebanyak 15.750,4 kms serta 2.535 Gardu Distribusi guna menjaga kontinyunitas penyaluran listrik ke pelanggan. “Disetiap unit, kami juga melakukan upaya pengecekan terpadu dan pelaporan monitoring setiap harinya pada sistem jaringan distribusi 20 kV, guna menjaga kontinyunitas penyaluran listrik ke masyarakat,” kata Taqwa.

Taqwa juga mengatakan, untuk mempercepat pengaduan pelanggan, PLN UIW Sulselrabar juga telah menghadirkan Command Center PLN guna menindaklanjuti penanganan gangguan atau keluhan pelanggan khususnya di Kota Makassar dimana telah diresmikan pada 26 Oktober 2020. “Kami yakin dengan kesiapan sistem kelistrikan dan kesiagaan inilah, PLN sangat siap mendukung pengamanan kelistrikan menjelang Pilkada serentak di Provinsi Sulawesi Selatan, Sulawesi Tenggara dan Sulawesi Barat serta perayaan Natal 2020 dan tahun baru 2021 (Nataru) ini,” katanya. Sebagai informasi tambahan, untuk kemudahan informasi penanganan gangguan dan keluhan kelistrikan, silahkan menghubungi call center di telepon (kode area)+123, PLN Mobile, website www.pln.co.id, email [email protected], Facebook PLN 123, dan Twitter @PLN_123.(*)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *