Miris, Tiba di Pelabuhan Nusantara, Penumpang tak Kantongi Suket Rapid Test

  • Whatsapp
Miris, Tiba di Pelabuhan Nusantara, Penumpang tak Kantongi Suket Rapid Test

PAREPOS.CO.ID,PAREPARE– Ribuan penumpang laut asal Samarinda, Kalimantan Timur dan Nunukan, Kalimantan Utara tiba di Pelabuhan Nusantara, Kota Parepare, Jumat 25 Desember 2020. Namun, disayangkan sebahagian besar penumpang tersebut tak mengantongi Kartu Kewaspadaan Kesehatan Kemenkes RI berupa surat keterangan (Suket) Rapid Test. Bahkan sejumlah penumpang yang kedapatan tanpa suket hendak menyogok petugas pelabuhan.

Tim Kesehatan Pelabuhan Nusantara Kota Parepare, dr Andi Pratiwi Kusuma tak menampik kondisi tersebut. Sesuai temuan memang ada yang ditemukan tak mengantongi surat keterangan rapid test. “Mereka yang ketahuan diminta untuk melakukan rapid test kembali sebelum melanjutkan perjalanan,”ungkapnya, Jumat 25 Desember 2020.

Bacaan Lainnya

Untuk tindaklanjutnya, penumpang yang suhu tubuhnya agak tinggi kita tes skrining​ kembali dan diistirahatkan terlebih dahulu. ” Saat ini, kita belum mengeluarkan surat rujukan,”jelasnya. Bahkan, tambah Andi Pratiwi, penumpang yang ketahuan berupaya mengelak bahkan hendak menyogok petugas kesehatan. “Kemarin ada teman yang mau disogok penumpang karena tak mengantongi rapid test,”singkatnya.

Kondisi tersebut sangat disayangkan, terlebih disisi lain, jika mengacu pada Surat Edaran (SE) Kementrian Perhubungan (Kemenhub). Selama masa libur natal dan tahun baru pengguna transportasi wajib menunjukkan surat keterangan hasil negatif Covid-19. Dimana tujuannya, untuk mencegah dan memutus rantai penyebaran Covid-19 selama masa libur natal dan tahun baru. Dan masa berlaku SE Kemenhub tersebut berlaku sejak 22 Desember 2020 hingga 8 Januari 2021. (*/ade)

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *