Layanan Ibu Hamil, Puskesmas Luncurkan Aplikasi Klik Akun Bumil

  • Whatsapp
Layanan Ibu Hamil, Puskesmas Luncurkan Aplikasi Klik Akun Bumil

PAREPOS.CO.ID, PINRANG — Dalam mengimplementasikan program prioritas nasional pengendalian stunting serta penurunan Angka Kematian Ibu (AKI) dan Angka Kematian Bayi (AKB), Dinas Kesehatan Kabupaten Pinrang melaunching Inovasi aplikasi Klik Akun Bumil (Kantong elektronik jadwal persalinan akan turunkan angka kematian ibu hamil) yang dirangkaikan Lokmin Lintas Sektor Puskesmas Batulappa Tahun 2020.

Kegiatan tersebut dihadiri Kepala Dinas (Kadis) Kesehatan beserta jajaran, Wakil Ketua Tim Penggerak PKK, Kepala Puskesmas (Kapus) Batulappa, Camat, Lurah, Kepala Desa, dan Kader PKK, serta para Bidan Puskesmas Batulappa. Yang dilaksanakan di Kelurahan Teppo, Kecamatan Patampanua Kabupaten Pinrang, Kamis 17 Desember 2020.

Bacaan Lainnya

Kadis Kesehatan Kabupaten Pinrang, drg Dyah Puspita Dewi, menjelaskan dari 17 Puskesmas di Pinrang semua mempunyai Inovasi. Aplikasi Klik Akun Bumil merupakan inovasi dari Puskesmas Batulappa yang memudahkan orang menginput data. “Mudah-mudahan dengan aplikasi ini AKI dan AKB bisa menurun karena datanya sudah ada terKlik di aplikasi ini. Dan juga memudahkan bidan-bidan dapat memantau semua Bumil yang ada di wilayah Puskesmas Batulappa,” jelasnya.

Di tempat yang sama, Kapus Batulappa, Ismail menyebutkan, aplikasi Klik Akun Bumil merupakan inspirasi daripada kegiatan workshop yang pernah diikuti beberapa tahun lalu. Sehingga pihaknya ingin mengaplikasikan apa yang telah dipelajari. Dengan menghadirkan aplikasi Klik Bumil. “Seiring perkembangan jaman, meningkat tuntutan pelayanan lebih harus ditingkatkan. Ini bisa jadi alat untuk mengendalikan AKI dan AKB karena di aplikasi tersedia fitur pendataan, pemantauan jadwal pemeriksaan, perhitungan hasil persalinan, akumulasi jumlah bumil, juga untuk mengetahui jumlah bumil yang beresiko tinggi, serta untuk mengetahui jumlah yang telah melahirkan,” ungkapnya.

Olehnya itu, kata dia, adanya akun ini bidan mampu memantau kondisi dan riwayat singkat bumil di mana pun dan kapanpun. Ini juga bisa menjadi buku rekapan pemeriksaan berjalan yang menguatkan catatan yang tidak ada. “Hanya saja dari 14 Dusun yang ada di Kecamatan Batulappa, ada 1 Dusun yang terkendala jaringan (Dusun Barukku). Namun, akan dilakukan pencatatan manual terlebih dahulu, setelah itu akan diinput melalui aplikasi jika sudah berada di jaringan yang memadai,” ujar Ismail.

Sementara itu, Wakil Ketua TP PKK Kabupaten Pinrang, Hj Rahmawati Alimin mengapresiasi inovasi dari Puskesmas Batulappa dengan hadirnya pelayanan Klik Akun Bumil untuk masyarakat Kecamatan Batulappa. “Ini merupakan inovasi yang bagus untuk bumil. Selain ini yang pertama di Sulawesi Selatan, juga mampu menambah pelayanan terhadap bumil. Saya sangat mendukung aplikasi ini. Semoga bisa terlaksana dengan baik. Apalagi ini inovasi dari Kecamatan yang ada di Pegunungan. Sehingga kedepan mampu membanggakan Kabupaten Pinrang,” pungkasnya. (dar/B)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *