Kuliah Online, Pemkab Anggarkan Rp 1 Miliar Bantu Kuota Internet ke Mahasiswa Polman

  • Whatsapp
Kuliah Online, Pemkab Anggarkan Rp 1 Miliar Bantu Kuota Internet ke Mahasiswa Polman

PAREPOS.CO.ID,POLMAN — Wujud kepedulian ditengah wabah pandemi, kembali dilakukan Bupati Polman Andi Ibrahim Masdar (AIM). Rencananya, ia akan mengucurkan bantuan kepada mahasiswa berupa dana pembelian kuota internet dalam prosed belajar daring baik yang ada di dalam maupun luar Kabupaten Polman.

Bupati Polman Andi Ibrahim Masdar mengatakan, pemerintah daerah akan menyalurkan bantuan dana pembelian kuota internet pada bulan Desember 2020. Bantuan yang diberikan ini karena adanya aduan dari kalangan mahasiswa lokal maupun diluar Polewali Mandar.
“ Banyak yang SMS, bankan menelpon dan mempertanyakan kenapa hanya masyarakat saja yang dikasi bantuan sembako. Kenapa kami mahasiswa tidak diperhatikan, apa lagi orang tuanya sudah tidak jelas kerjanya. Terlebih, kita kuliah harus belajar daring dan tidak ada pembeli kuota internet,”kata Bupati Polman Andi Ibrahim meniru berbagai keluhan mahasiswa lewat telpon.

Bacaan Lainnya

Untuk mendukung program belajar kuliah online, kata Bupati, mahasiswa asal Polewali Mandar akan diberikan berupa uang tunai untuk pembelian kuota internet guna mendukung aktivitas kuliah mereka dimasa pandemi.

Penyaluran bantuan tersebut akan dilakukan pada Desember 2020 (Bulan ini), dengan kisaran dana sebesar Rp 1 Miliar dari APBD tahun 2020. “Total bantuan yang kita siapkan Rp 1 Miliar. Saat ini masih dilakukan rapat terkait penyalurannya, karena akan dikonsultasikan dulu dengan BPK (Badan Pemeriksa Keuangan) terlebih dahulu,”ujar Andi Ibrahim Masdar, usai menyerahkan PTSL di Kantor Lurah Polewali, kemarin.

Terkait bantuan pembelian kuota internet, Pemkab Polman telah mengantongi sejumlah data untuk dilakukan penyaluran. Bagi mahasiswa yang kuliah di Pulau Jawa ada 500 orang, sedangkan mahasiswa di Kota Makassar sebanyak 250 orang.

Sementara mahasiswa yang kuliah di Polman dan Mamuju, Pemda menarget sampai 7.000 mahasiswa yang akan menerima bantuan kuota internet. Besaran dana bantuan per mahasiswa, juga telah ditentukan yaitu sesuai tempat kuliah masing-masing mahasiswa.

Bagi mahasiswa Polman yang kuliah di Pulau Jawa atau diluar Sulawesi diberikan bantuan sebesar Rp 1 Juta. Mahasiswa yang kuliah di Kota Makassar diberikan biaya kuota internet sebesar Rp 700 ribu. Sedangkan mahasiswa yang mengenyam pendidikan di daerah Polman, Majene dan Mamuju sebesar Rp 500 ribu per orang.

Bupati dua periode itu juga menuturkan, bila pandemi Covid-19 masih terus berlangsung. Bantuan tersebut kemungkinan dilanjutkan, dengan melihat kemampuan keuangan daerah.(win/B)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *