Kepala Dikbud Turun Tangan Bersihkan Makam Todilaling

  • Whatsapp
Kepala Dikbud Turun Tangan Bersihkan Makam Todilaling

PAREPOS.CO.ID,POLMAN — Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Dikbud) Kabupaten Polewali Mandar, Andi Nursami Masdar melakukan peninjauan dan pembersihan Kompleks Makam Todilaling (Makam Raja I Kerajaan Balanipa). Pembersihan dilakukan karena mengalami kerusakan akibat tertimpa batang pohon beringin yang tumbang akibat cuaca buruk belum lama ini.

Hj Andi Nursami Masdar datang bersama Kepala Bidang Kebudayaan, Marendeng dan staf dibantu beberapa warga di sekitar untuk melakukan pembersihan dahan dan ranting pohon tumbang disekitar makam tersebut. Upaya pemindahan batang pohon ini selanjutnya akan dikoordinasikan dengan Pemerintah Kecamatan Limboro bersama masyarakat setempat.

Andi Nursami mengatakan, keadaan makam todilaling saat ini mesti menjadi perhatian untuk dilakukan pembenahan secepatnya. Sebab situs budaya makam todilaling yang merupakan situs yang mestinya mendapat perhatian. Untuk itu, ia berjanji setelah makam ini bersih dari pohon dan ranting. Makam Todilaling ini akan direhab.

“Setelah semua ini bersih kita akan melakukan rehabilitasi perbaikan Makam Raja Balanipa ini sebab makam ini merupakan situs sejarah dan Budaya Kerajaan Balanipa untuk selalu diperhatikan,”ujar Andi Nursami Masdar, Rabu 2 Desember, usai membersihkan sekitar makam.

Sementara itu, salah satu warga disekitar berharap agar makam Todilaling ini tetap mendapat perhatian dari pemerintah dan segenap lapisan masyarakat. ” Kami mohon kepada pemerintah dan semua lapisan masyarakat untuk memikirkan dan melakukan aksi pembenahan atas apa yang terjadi di makam todilaling ini agar terlihat bagus dan terkesan tidak terabaikan,”kata Adam mewakili warga sekitar lokasi makam.(win/B)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *