Ke Pambusuang, Gubernur Sulbar Bagikan Sandeq Bahan Fiber

  • Whatsapp
Ke Pambusuang, Gubernur Sulbar Bagikan Sandeq Bahan Fiber

PAREPOS.CO.ID,POLMAN– Dalam upaya pemulihan ekonomi akibat Covid-19. Gubernur Sulbar, Andi Ali Baal Masdar menyerahkan bantuan berupa 5 unit perahu Sandeq beserta peralatan tangkap di Desa Pambusuang, Kecamatan Balanipa, Kabupaten Polewali Mandar (Polman). Dalam penyerahan bantuan perahu Sandeq dengan desain baru dari bahan fiber dengan menerapkan protokol kesehatan. Bantuan itu diserahkan bagi 5 kelompok nelayan dari tiga wilayah kabupaten yakni Polman, Majene dan Mamuju.

Mantan Bupati Polman dua periode itu mengakui, perahu Sandeq yang diserahkan merupakan desain baru, yang menggunakan bahan lebih murah dan tahan lama. ” Saya turut berbangga dan bersyukur atas desain perahu tradisional Mandar, dengan bahan fiber pada perahu Sandeq. Selain mampu menekan penggunaan bahan kayu. Perahu cukup bagus diantara dengan perahu sekelas dengan perahu sandeq. Bahan kayu itu terbatas, kalau sudah tidak ada bahan kita mau apa, makanya perlu mengembangkan keterampilan dengan memanfaatkan fiber. Dan desain baru ini menjadi rujukan setelah melewati tahap kajian akademik,”ujarnya, Kamis 17 Desember, sore tadi.

Bacaan Lainnya

Apresiasi, kata Gubernur, ditujukan kepada Dosen Teknik Perkapalan Universitas Hasanuddin, Syarifuddin atas kerja kerasnya mendesain dan memimpin langsung pengerjaan perahu sandeq tersebut. Dan kepada para nelayan yang menerima bantuan, kata Gubernur, gunakan dan rawat sebaik-baiknya agar perahu bisa awet. (*/ade)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *