Jelang Akhir Tahun, PKB Ziarah ke Makam Ulama di Polman

  • Whatsapp
Jelang Akhir Tahun, PKB Ziarah ke Makam Ulama di Polman

PAREPOS.CO.ID,POLMAN — Dewan Pengurus Cabang Partai (DPC) Kebangkitan Bangsa (PKB) Kabupaten Polman menjelang akhir Tahun 2020. Menggelar kegiatan dengan melakukan ziarah ke makam para ulama dan tokoh penyiar agama Islam di tanah mandar.

Ziarah yang dilakukan oleh Pengurus DPC PKB Polman, diikuti pula beberapa Anggota DPRD Polman dari fraksi PKB. Mereka diantaranya, Wakil Ketua I DPRD Polman Amiruddin, yang juga Ketua DPC PKB Polman. Abdul Rahman Yunus Wakil Ketua DPC PKB, Ketua Fraksi Sahabuddin, dan anggota ada Samirah, Zainal Abidin, H Ibrahim serta Staf Ahli Fraksi PKB Budi Sahabuddin.

Bacaan Lainnya

Makam ulama yang dikunjungi diantaranya, makam Alm Prof DR KH Sahabuddin yang berada di Kabupaten Majene, tepatnya di Kecamatan Lembang. Ulama ini merupakan Pendiri Yayasan Al-Asyariah Mandar dan beliau merupakan tokoh sufi, sesepuh PMII-NU, sekaligus tokoh pendidik di Indonesia Timur, Allahu Yarham Annangguru Haji (AGH) Prof. Dr. KH. Sahabuddin.
Beliau diberi gelar guru besar tasawuf Asia Tenggara oleh IAIN Alauddin Makassar, lewat karyanya yang terkenal: Nur Muhammad (Pintu Menuju Allah). Sebuah tela’ah sufistik atas pemikiran Syekh Yusuf Annabhani.

Dari situ rombongan ini meneruskan Ziarah ke Makam Imam Lapeo atau dikenal dengan nama KH Muhammad Tahir di Desa Lapeo, Kecamatan Campalagian, beliau ulama terkenal penyebar agama Islam di Tanah Mandar. Setelah itu rombongan juga ziarah ke Makam Syekh Jafar Al-Mahdali yang merupakan orang tua Almarhum Imam Syekh Fauzi Al-Mahdali imam Besar Masjid Syuhada Kabupaten Polman di Desa Bonde, Kecamatan Campalagian.

Dari situ,Rombongan DPC PKB Polman melanjutkan Ziarah ke Makam To Salama KH Syekh Bil Ma’ruf Abdul Rahim Kamaluddin di Pulau Tangnga, Kelurahan Amassangan, Kecamatan Binuang. Beliau juga merupakan ulama Pembawa Syiar Agama Islam di tanah mandar.

Ketua DPC PKB Polman Amiruddin menjelaskan, kegiatan ini merupakan agenda tahunan DPP Partai PKB. Dimana setiap menjelang akhir tahun pengurus Partai di daerah diperintahkan untuk melakukan Ziarah ke Makam Para ulama atau Tokoh penyebar Agama Islam di wilayah masing-masing. ” Harapan semoga Partai dan Para Pengurus dan Anggota DPRD PKB tetap mendapatkan berkah dari para Ulama. Selain itu sebagai partai yang dideklarasikan oleh Para Kiyai-Kiyai di Nahdatul Ulama (NU), maka Kader PKB wajib menghormati para ulama dan tokoh pejuang Islam di tanah air,”ujar Amiruddin, Kamis 24 Desember, kemarin. (win/B)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *