IPM Daerah Naik, Gubernur Sulsel: Nomor Tiga Nasional

  • Whatsapp
IPM Daerah Naik, Gubernur Sulsel: Nomor Tiga Nasional

PAREPOS.CO.ID,MAKASSAR– Indeks Pembangunan Manusia (IPM) di Sulawesi Selatan (Sulsel) tahun 2020 naik drastis. Dari sebelumnya urutan ke 14 menjadi uruta ketiga secara nasional. Provinsi Sulsel dibawah Papua Barat yang berada pada urutan pertama dan Sulawesi Barat (Sulbar) diurutan kedua.

IPM Daerah Naik, Gubernur Sulsel: Nomor Tiga Nasional
Data BPS

IPM atau Human Development Index (HDI) adalah angka yang dipakai Badan Pusat Statistik (BPS) untuk menjelaskan perbandingan dari harapan hidup, melek huruf, pendidikan, dan standar hidup.
IPM menjelaskan bagaimana penduduk suatu negara atau daerah dapat mengakses hasil pembangunan dalam memperoleh pendapatan, kesehatan, pendidikan, dan sebagainya.

Bacaan Lainnya

Berdasarkan rilis BPS Sulsel, Selasa 15 Desember 2020, IPM Sulsel memgalami peningkatan sebesar 0.27 poin dari tahun 2019. Kenaikan IPM ini menjelaskan, angka rata-rata harapan hidup masyarakat di Sulsel meningkat 0.14 poin menjadi 70.57 tahun (2020) dari 70.43 tahun (2019).
“Baru saja Kepala BPS Pak Sulsel Yos Rusdiansyah menyampaikan data IPM kita tahun 2020. Ternyata mengalami peningkatan dari tahun 2019,” jelas Gubernur Sulsel Prof HM Nurdin Abdullah, Rabu, 16 Desember 2020.

Gubernur menyambut gembira peningkatan IPM Sulsel 2020 yang naik 0,27 point dibandingkan IPM Sulsel 2019. Diharapkan ke depan, IPM Sulsel terus meningkat memasuki masa pemulihan ekonomi, yang memacu sejumlah faktor yang mendukung Indeks Pembangunan Manusia agar terus bergerak positif.

Adapun dalam rilis ini juga disampaikan, Umur Harapan Hidup Saat Lahir (UHH) 70,57 tahun, Harapan Lama Sekolah (HLS) 13,45 tahun, Rata-rata Lama Sekolah 8,38 tahun, pengeluaran per kapita/tahun Rp 11.079.000.
“Sekali lagi saya ingin menyampaikan terima kasih atas segala upaya baik pikiran gagasan yang selama ini kita sama-sama wujudkan. Mudah-mudahan ke depan akan semakin meningkat lagi,” pungkasnya.(rls/ade)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *