Sulsel

Pembentukan Bintara Polri di SPN Batua Diikuti 700 Siswa

PAREPOS.CO.ID,MAKASSAR– Kepolisian Daerah (Polda) Sulsel menggelar upacara pembukaan pendidikan pembentukan bintara Polri TA. 2020/2021 di SPN Batua Polda Sulsel, Makassar, Provinsi Sulsel, Selasa 17 November 2020. Kegiatan tersebut dihadiri Kapolda Sulsel, PJU Polda Sulsel, Ka SPN Polda Sulsel.

Inspektur upacara, Kapolda Sulsel Irjen Pol Drs Merdisyam selaku inspektur upacara yang menyampaikan amanat Kapolri Jenderal Polisi Drs. Idham Azis, M.Si., Selaku Kepala Kepolisian Republik Indonesia dan mengucapkan selamat kepada 11.208 orang calon bhayangkara, terdiri dari 10.648 pria dan 560 wanita yang dinyatakan lulus untuk mengikuti pendidikan pembentukan Bintara Polri secara serentak di Sekolah Polisi Wanita dan di 31 SPN Polda jajaran se-Indonesia.

Kapolri mengungkapkan, semua keberhasilan ini tidak lepas dari kerja keras dan usaha saudara, serta dukungan dan doa dari orang tua dan keluarga, serta berkah dan karunia dari Allah Tuhan Yang Maha Esa.

Pelaksanaan pendidikan harus di laksanakan sesuai dengan standar yang telah di tentukan oleh pemerintah, tetap laksanakan protokol kesehatan. Dan lakukan prinsip pendidikan yang sehat, disiplin, serta berkualitas, agar dapat mewujudkan sumber daya polri yang berkualitas, unggul dan berbudi pekerti. Dan calon bintara merupakan tulang punggung pelaksanaan tugas, yang langsung bersentuhan dengan masyarakat, dan berikan pelayanan terbaik kepada masyarakat.

Kapolri berharap kepada para siswa pada saat sudah berdinas nanti agar tidak menjadi beban negara dan intitusi kepolisian, kemudian saya akan selalu mendoakan para siswa agar tidak memberatkan Polri, Negara dan Masyarakat.

Dalam amantnya Kapolri juga mengatakan, jika kalian hanya menjadi polisi untuk mencari pekerjaan, saya pastikan kalian hanya akan menjadi beban di institusi Kepolisian, Negara dan Masyarakat, karena pasti kalian akan menyalahgunakan kewenangan yang telah di berikan negara kepada kalian.

“Saya mengucapkan selamat menempuh pendidikan pembentukan bintara polri TA. 2020/2021, dengan harapan semoga para siswa sekalian dapat menyelesaikan seluruh program pendidikan ini dengan baik dan lancar serta dapat mengimplementasikannya dalam pelaksanaan tugas sebagai anggota polri nantinya dalam melanjutkan tugas dan pengabdian terbaik kepada masyarakat, bangsa, dan Negara,” ujar Kapolda Sulsel dalam penyampaian amanat Kapolri.

Aspek Kesehatan Prioritas

Adapun jumlah siswa yang mengikuti pendidikan di SPN Batua Polda Sulsel sebanyak 700 siswa yang berasal dari Panda Polda Sulsel dan Panda Polda Sulbar. Pada kesempatan tersebut Kapolda Sulsel membacakan amanat Kapolri, pada pembukaan Pendidikan Pembentukan Bintara Polri TA 2020/2021.

Kapolda dalam pembukaanya menjelaskan, berkaitan dengan Pendidikan Pembentukan Bintara Polri Tahun 2020/2021 ini dilaksanakan dalam situasi pandemi Covid-19. Maka diperlukan penanganan khusus dan saksama dalam proses penyelenggaraan pendidikannya.

“Efektivitas proses pendidikan harus memenuhi standar yang telah ditetapkan dengan menerapkan prinsip pendidikan yang ‘Sehat, Efektif dan Berkualitas’,”ujarnya.

Aspek kesehatan tetap menjadi prioritas utama untuk menjamin proses pendidikan berjalan dengan baik sehingga dapat mewujudkan Sumber Daya Manusia Polri yang berkualitas unggul dan berbudi pekerti luhur. Dengan jumlah mencapai 80% dari jumlah total anggota Polri, Bintara Polri menjadi etalase institusi di mata publik.

“Sekali lagi saya tekankan bahwa calon Bhayangkara Siswa nantinya akan menjadi tulang punggung pelaksanaan tugas Polri yang langsung bersentuhan dengan masyarakat,” tutur Kapolda Sulsel.

“Oleh karena itu, diharapkan melalui pendidikan ini, dapat mencetak anggota Polri yang siap kerja dan siap operasional dalam memberikan pelayanan yang terbaik kepada masyarakat,” lanjutnya.

Dalam Pelaksanaan pendidikan ini Kapolri mengamanatkan langsung pada Kapolda untuk menjamin penerapan protokol kesehatan pencegahan Covid-19 selama masa pendidikan serta Kepada para Ka SPN Polda dan Ka Sepolwan Lemdiklat Polri agar melaksanakan program pendidikan ini dengan saksama sesuai standar yang telah ditetapkan.(*/ade)

Loading...
Loading...
Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

TRENDING

To Top