Sulawesi Barat

Hadirkan SPBUN, Perusda Tunggu Surat Izin Operasi di Majene

SPBUN di Kabupaten Majene

PAREPOS.CO.ID, MAJENE– Pemerintah tidak hanya fokus pada program revolusi hijau, namun juga terfokus pada program revolusi biru, dengan meningkatkan kesejateraan masyarakat nelayan tradisional di Kabupaten Majene. Secara gografis, Kabupaten Majene terletak pada 20 38′ 45”-30 38′ 15” Lintang Selatan dan antara 1180 45′ 00”-1190 4′ 45” Bujur Timur, dimana daearah ini terletak di pesisir barat Pulau Sulawesi, yang berhadapan langsung dengan Selat Makassar dan Pulau Kalimantan.

Dengan dasar itu, Perusahaan Daerah (Perusda) Aneka Usaha Majene membangun Stasiun Pengisian Bahan Bakar Untuk Nelayan (SPBUN) betipe A dengan Nomor 7891401, beralokasi di Jalan Pelabuhan Nomor 1, Lingkungan Battayang, Kelurahan Bangge, Kecamatan Banggae. Pendirian SPBUN ini, setelah beberapa bulan dalam pengurusan terkait sejumlah pensyaratan untuk dapat dioperasikan.

Syarat itu diantaranya, uji tera pengoperasian, uji coba fasilitas SPBUN dan tera metrologi alat ukur yang digunakan, yakni produk JTB (Biosolar-Solar) dengan kapasitas 8 KL pada bank persepsi pertamina. “SPBUN ini, sudah memenuhi syarat pengoperasian, baik pensyaratan administrasi dan kelengkapan standarisasi. Dan kita sementara menunggu penegasan tertulis dari pertamina berupa surat izin operasi,” terang Budi Sulistyo Direktur Utama Perusda Aneka Usaha, kemarin.

Budi menyebut, untuk tahap pertama, stok Bahan Bakar Minyak (BMM) jenis solar mulai mendistrubusikan sebanyak 8 KL atau 8 ribu liter. “Untuk kapasitas tangki khusus pertalite sama dengan BBM jenis solar, yakni 8 KL sesuai kebutuham yang akan disuplai kepada para nelayan,”ujar mantan Kepala Dinas Kelautan dan Perikanan Kabupaten Majene.

Budi secara tegas mengatakan, pihaknya akan menyeleksi secara ketat konsumen. Artinya, kalau bukan nelayan dengan tidak memperlihatkan kartu nelayan atau kusuka, tentu tidak bisa mendapatkan BBM khusus jenis solar, tapi BBM pertalite itu bisa secara umum. Ia berharap, dengan adanya SPBUN di Majene, maka masyarakat nelayan sudah tidak lagi kesulitan mendapatkan BBM jenis solar. Sebab, ketersediaan BBM di SPBUN, akan dapat meningkatkan hasil tangkapan para nelayan, khususnya di Kabupaten Majene.(edy/B)

 

Loading...
Loading...
Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

TRENDING

To Top