Sulawesi Barat

Disdikpora- YM2PIS Gelar Pelatihan Wirausaha Pemuda

PAREPOS. CO. ID, MAJENE –Dinas Pendidikan dan Pemuda Olahraga (Disdikpora) Kabupaten Majene dengan kerjasama Yayasan Masyarakat Malaqbi Peduli Sulbar (YM2PIS) kembali menggelar pelatihan wirausaha bagi pemuda. Kegiatan pelatihah wirausaha untuk mendorong terciptanya lapangan kerja baru berlangsung di Hotel Amasi Barane Majene selama dua hari, Senin-Selasa 9-10 November 2020.

Menurut Ketua YM2PIS selaku penyelenggara kegiatan ini, Ardedy Hamzah mengatakan kegiatan ini terlaksana merupakan bentuk kerjasama yang baik antara pihak Disdikpora dengan YM2PIS sebagai salah salah satu mitra terkait kepedulian terhadap pemuda di daerah ini.

Mengenai dasar hukum pelaksanaan kegiatan lanjutnya, antara lain Peraturan Pemerintah (PP) RI nomor 41 tahun 2011 tentang pengembangan kewirausahaan dan kepeloporan pemuda, serta penyedian sarana dan sarana kepemudaan. Selain itu juga didasari Peraturan Daerah (Perda) Kabupaten Majene nomor 15 tahun 2019 tentang APBD Majene tahun 2020.

Sedangkan tujuan pelatihan ini diantaranya untuk mengembangkan minat dan motivasi pemuda untuk terjun ke dunia wirausaha. Serta mengembangkan pengetahuan dan keterampilan dalam pengembangan tata usaha, produksi, pemasaran serta jejaring kemitraan bisnis.

“Untuk output kegiatan ini setelah mengikuti pelatihan diharapkan dapat menghasilkan pemuda yang berdikari secara ekonomi dan bermanfaat bagi masyarakat sekitarnya, ” ujarnya.

Kepala Disdikpora Majene, H Iskandar yang membuka acara ini mengatakan cukup mengapresiasi kegiatan ini. Sebab, melalui kegiatan tersebut peserta dapat menambah ilmu pengetahuan. Baik dari tenaga pengajar maupun moderator. Alasannya, dewasa ini tidak harus menuntut ilmu secara formal tetapi juga bisa melalui non formal seperti bimtek, pelatihan, sosialisasi dan lainnya termasuk kegiatan saat ini.

“Jadi tentunya diharapkan peserta yang hadir ini dapat mengikuti secara sungguh-sungguh agar menghasilkan yang terbaik, ” pungkasnya.

Kegiatan ini menghadirkan pemateri H Mithhar, S. Pd, M. Pd Ketua Majelis Pemuda (MPI) Kabupaten Majene dan Suhartina, S. Pt, M. Si dosen sosial ekonomi peternakan Unsulbar. Sementara peserta dari kalangan pemuda, mahasiswa dan umum dengan tetap mengikuti protokol kesehatan covid-19.(edy/B)

Loading...
Loading...
Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

TRENDING

To Top