Pro Daerah

82 Unit Randis Dilelang , 27 Lot Terjual Rp 155 Juta di Soppeng

PAREPOS.CO.ID, SOPPENG — Pemerintah Kabupaten Soppeng melalui Badan Pengelolaan Keuangan dan Pendapatan Daerah (BPKPD melakukan lelang Barang Milik Daerah Tahun Anggaran 2020 berupa kendaraan roda dua, roda empat dan roda enam. Pelaksanaan lelang Barang Milik Daerah (BMD) ini bekerja sama dengan Kantor Pelayanan Kekayaan Negara dan Lelang (KPKNL) Parepare berlangsung di kantor BPKPD Soppeng lantai II, Kamis 19 Nopember.

Kasubid Pemanfaatan dan Penghapusan BMD BPKPD Kabupaten Soppeng, Lukman mengatakan, pelelangan Barang Milik Daerah ini bertujuan untuk mengoptimalisasi Barang Milik Daerah (BMD) dan meningkatkan Pendapatan Asli Daerah (PAD). “Ini untuk optimalisasi BMD yang tidak digunakan atau dimanfaatkan untuk kepentingan penyelenggaraan tugas dan fungsi SKPD atau tidak dimanfaatkan oleh pihak lain, dan dalam rangka meningkatkan PAD maka Pemkab Soppeng melakukan lelang secara online,” ujarnya.

Menurut Lukman, dalam pelelangan ini ada sebanyak 82 unit kendaraan, baik kendaraan roda dua, roda empat dan roda enam dengan total 27 lot. “Dari 82 unit itu, jualannya ada yang paket dan perunit,” ungkapnya. Lanjut Lukman, dari 27 lot lelang tersebut, ada 21 lot yang berhasil terjual dengan total sebanyak Rp155.525.000 atau sekitar 47,2 persen. “Hanya 6 lot saja yang tidak ada penawarannya. Untuk limit penjualannya itu Rp73.425.000,” imbuhnya.

Lebih jauh dia jelaskan, kendaraan yang tidak ada peminatnya dalam pelaksanaan lelang kali ini akan diikutkan kembali dalam jadwal lelang berikutnya. “Mungkin nanti akan diikutkan kembali lagi di pelelangan berikutnya,” tambah Lukman. Sementara Kepala KPKNL Parepare, Fredy Himarwanto menyampaikan, bahwa pemenang dalam lelang ini diwajibkan segera melunasi kendaraan tersebut paling lambat lima hari kerja sejak diumumkan pemenang. “Kalau kita hitung dari hari ini berarti paling lambat tanggal 26 November 2020, hari Sabtu dan Minggu itu tidak dihitung. Pemenang lelang harus melunasinya. Jika lewat dari tanggal tersebut maka dinyatakan hangus,” tandasnya. (wis/B)

Loading...
Loading...
Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

TRENDING

To Top