UN Ditiadakan, Dikbud Polman Siap Hadapi Ujian Asesmen

  • Whatsapp
UN Ditiadakan, Dikbud Polman Siap Hadapi Ujian Asesmen

PAREPOS.CO.ID,POLMAN — Kebijakan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan (Mendikbud) Nadiem Anwar Makarim memastikan Ujian Nasional (UN) pada 2021 akan ditiadakan. Mendikbud telah menyiapkan pengganti UN yang disebut dengan konsep Asesmen Kompetensi Minimum dan Survei Karakter.  Konsep ini merupakan penyederhanaan dari ujian Nasional yang begitu kompleks. Konsep yang digunakan adalah asesmen yang mengukur kemampuan minimal yang dibutuhkan para siswa dan siswa.

Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Dikbud) Kabupaten Polman melalui Kepala Bidang Pendidikan dan Pengajaran, Nurmanan mengakui, sudah menyiapkan segala sesuatunya dalam menghadapi kebijakan dari kemendikbud itu,termasuk pihaknya telah memberikan pelatihan kepada 40 orang operator dalam mengoprasikan Aplikasi ujian asesmen nantinya.

Bacaan Lainnya

Mereka yang mengikuti pelatihan, yakni 20 orang dari SD dan 20 orang dari SMP. Para guru yang telah ikut pelatihan ini akan disiapkan untuk mengoprasikan aplikasi yang ada dalam komputer itu nantinya. Dalam menghadapi Asesment Nasional pengganti UN, kata Nurmanan, sementara kita siapkan operator untuk mengikuti pelatihan via zoom dengan kementrian dimana 20 orang dari SD dan 20 orang dari SMP,mereka nantilah yang akan melakukan pembimbingan bagi guru-guru di sekolah yang ada untuk mengoprasikan Asesment nasional pengganti ujian Nasional itu.

Kebijakan kemendikbud soal asesment nasioal pengganti ujian Nasional masih tahap pembahasan dan dirinya bersama operatornya baru dua kali mengikuti Kegiatan Sosialisasi asesment nasional. ” Kalau saya melihat Asesment nasional ini hampir sama dengan ujian dengan tahun sebelumnya,dan asesment ini hanya mengambil simple kalau SD hanya kelas V dan di SMP itu kelas VIII dan SMA itu Kelas XI. Sementara kelas lainnya masih mengikuti ujian sekolah, hanya bedanya Asesment nasional ini sudah tidak pakai kertas karena dia menggunakan Aplikasi<“ujar Nurmanan, Kamis 22 Oktober, siang tadi.(win/B)

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *