Metro Pare

Seleksi ASN 2020, Ini Nominasi dari Parepare, Pinrang dan Pangkep

Sekda Kota Parepare, Iwan Asaad

PAREPOS.CO.ID, PAREPARE– Anugerah Aparatur Sipil Negara (ASN) 2020 menyisakan 100 nomine untuk ketiga kategori. Sebelumnya, dua tahapan seleksi telah dilewati, yakni seleksi administrasi dan seleksi tahap I.

Dari 100 ASN dari seluruh Indonesia, Parepare, Pinrang dan Pangkep masing-masing meloloskan calon. Dari kategori berbeda. Parepare meloloskan kategori Pejabat Pimpinan Tinggi (PPT) Teladan. Yaitu Sekda Parepare, Iwan Asaad.

Pinrang ada Syamsul Alam dari Dinas Peternakan dan Perkebunan Pinrang kategori ASN inspiratif.
Sementara Pangkep ada di kategori The Future Leader. Yaitu Topan Lesmana dari Puskesmas Kota Pangkajene, Pangkep.

Menanggapi hal itu, Sekda Kota Parepare, Iwan Asaad berterima kasih kepada Wali Kota Parepare, HM Taufan Pawe dan Wakil
Wali Kota Parepare, H Pangerang Rahim. Yang telah memberikan dukungan dalam mengikuti
ajang nasional tersebut. “Termasuk juga saya ucapkan terima kasih kepada rekan-rekan
dan masyarakat yang memberikan dukungannya,” kata Iwan Asaad, Minggu malam, 18 Oktober.

Menurutnya, penilaian dalam seleksi ajang Anugerah Aparatur Sipil Negara (ASN) 2020,
yakni Pejabat Pimpinan Tinggi (PPT) Teladan itu, masih tahap pertama. “Ini masih penilaian
tahap pertama,” kata Iwan.

Sementara Plt Deputi bidang SDM Aparatur Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (PANRB), Teguh Widjinarko mengatakan, seratus nomine terdiri dari 40 nomine PNS Inspiratif, serta masing-masing 30 nomine untuk kategori PPT Teladan dan The Future Leader.

Keseratus nomine tersebut berasal dari berbagai wilayah di Indonesia, termasuk yang berada di luar negeri. Daftar seratus nomine tertuang dalam Pengumuman No: 186/SM.99/2020 tentang Hasil Seleksi Tahap I Anugerah ASN Tahun 2020. Pengumuman tersebut meliputi nomine dari tiga kategori dalam Anugerah ASN 2020.

Teguh yang juga selaku ketua panitia seleksi menegaskan bahwa hasil seleksi ini tidak bisa diganggu gugat. “Keputusan panitia seleksi Anugerah ASN Tahun 2020 ini bersifat final,” tegasnya. Selanjutnya, dalam pengumuman yang ditandatangani pada 16 Oktober 2020 ini, 100 nomine yang lolos akan mengikuti Seleksi Tahap II yang sesuai dengan mekanisme dan alur proses penyelenggaraan kegiatan Anugerah ASN Tahun 2020. Seleksi Tahap II akan berlangsung mulai 20 Oktober 2020 dan direncanakan selesai pada akhir Oktober 2020.

Teguh mengatakan bahwa ajang pemberian penghargaan kepada ASN ini bukanlah sekadar penghargaan. Anugerah ASN merupakan bentuk apresiasi kepada sosok yang telah memberikan kontribusinya dan sudah dirasakan langsung, baik oleh organisasi maupun masyarakat. Pada tahun ini, para juri juga akan memberi perhatian khusus bagi nomine yang mempunyai inovasi dan kontribusi dalam penanganan Covid-19.

Mereka yang terpilih dalam masing-masing kategori diharapkan dapat menjadi Duta ASN yang dapat menumbuhkan semangat, motivasi, dan inspirasi bagi ASN lainnya untuk terus meningkatkan kualifikasi, kompetensi, serta kinerjanya.
“Selain itu, juga dapat membawa pengaruh positif bagi sesama ASN, instansi, maupun masyarakat sehingga dapat membangun persepsi positif masyarakat terhadap ASN,” ujarnya.

Teguh berharap, dalam rangkaian seleksi selanjutnya, masing-masing nomine dari tiap kategori dapat mengeluarkan potensi terbaiknya dan menunjukkan bukti nyata kontribusi yang telah dilakukan, sehingga penilaian dapat dilakukan secara menyeluruh.
Dikatakan pula, bahwa pelaksanaan tahapan seleksi akan mengalami penyesuaian karena dilaksanakan dalam situasi pandemi Covid-19, sehingga tidak akan sama seperti tahun lalu. (anj/A)

Loading...
Loading...
Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

TRENDING

To Top