Pemkot Parepare Diganjar Penghargaan TPAKD dari OJK

  • Whatsapp
Pemkot Parepare Diganjar Penghargaan TPAKD dari OJK
PAREPOS.CO.ID, PAREPARE — Pemerintah Kota (Pemkot) Parepare hari ini dijadwalkan menerima penghargaan Tim Percepatan Akses Keuangan Daerah (TPAKD). Penghargaan itu, akan diberikan oleh Otoritas Jasa Keuangan (OJK) wilayah Sulawesi, Maluku, dan Papua (Sulampapua), di Hotel The Rinra, Kota Makassar, Senin 26 Oktober.
Hal itu diungkapkan Kepala Bagian (Kabag) Perekonomian dan Sumber Daya Alam (SDA) Pemkot Parepare, Basuki Busrah saat dikonfirmasi, Minggu 25 Oktober. Basuki mengungkapkan, penghargaan itu diberikan kepada Wali Kota Parepare, HM Taufan Pawe sebagai kepala daerah. Karena dianggap berkomitmen mengawal program TPAKD.  “Itu berarti kita dianggap mampu melakukan sosialisasi dan kebijakan dalam mendukung program pemerintah pusat dalam rangka inklusi keuangan dan juga literasi keuangan. Literasi keuangan yaitu, pemerintah mampu melakukan sosialisasi di semua tingkat dasar pengguna perbankan maupun non perbankan,” kata Basuki.
Selain itu, kata dia, pemerintah dianggap mampu melaksanakan pembentukan TPAKD. Sehingga, katanya, terjalin koordinasi antara perbankan dan lembaga jasa keuangan lainnya di Parepare.  “Seperti itu parameternya bahwa pemerintah dianggap mampu,” ujar dia.  Sementara itu, Pimpinan BRI Cabang Parepare, Makbul mengapresiasi Pemkot dalam mencapai penghargaan itu.
Menurut Makbul, banyak program pemerintah daerah yang dikerjasamakan dengan perbankan. “Seperti program keluarga harapan (PKH) dan penyaluran bantuan presiden (Banpres) untuk usaha mikro. Misalnya ada bantuan BPUM, kita kan bekerja sama dengan Dinas koperasi. Mereka mengusulkan ke pusat masyarakat yang layak dibantu. Berdasarkan usulan itu, BRI menerima nasabah yang layak dibantu. Intinya, kita sangat mendukung pemerintah dalam membantu menyalurkan dana-dana sosial dan pemulihan nasional,” bebernya. (ami/B)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *