Sulawesi Barat

Pemkab Polman Satu-satunya Raih Penghargaan Proklim di Sulbar

PAREPOS.CO.ID,POLMAN — Pemerintah Kabupaten Polewali Mandar (Polman) melalui Dinas Lingkungan Hidup dan Kehutanan (DLHK) menjadi satu-satunya peraih penghargaan dari Kementrian Lingkungan Hidup dan Kehutanan (KLHK) di Provinsi Sulawesi Barat.

Penghargaan itu berupa sertifikat dan apresiasi atas pembinaan Program Kampung Iklim (Proklim). Penghargaan diberikan langsung oleh Menteri LHK, Dr Ir Siti Nurbaya Bakar MSc, pada acara Penyerahan Apresiasi Pembinaan Proklim 2020 yang diselenggarakan secara virtual menggunakan media Aplikasi Zoom Cloud Meeting, Jumat 23 Oktober 2020.

Bupati yang diwakili Wakil Bupati Polman, HM Nasir Rahmat MM menerima penghargaan secara virtual, menyampaikan rasa terima kasih kepada seluruh masyarakat atas dukungannya terhadap pengendalian perubahan iklim di Indonesia.

“Dengan adanya perubahan iklim yang sudah melewati ambang batas aman, maka selayaknya kampanye perbaikan iklim yang mendorong elemen masyarakat baik secara langsung maupun melalui gerakan komunitas peduli lingkungan segera dilakukan,”ujarnya, usai kegiatan tersebut diruang kerjanya.

Pemkab Polman, kata Nasir Rahmat, menjanjikan dukungan dengan pencanangan langsung aksi untuk iklim yang lebih baik seperti proklim. Sementara itu, Kepala DLHK, Ir Hj Rahmin mengungkapkan, dengan adanya proklim ini diharapkan untuk bisa meningkatkan ekonomi dan ekosistem iklim terutama di masa pandemi covid-19.

Rahmin juga mengharapakan agar prestasi ini tidak membuat pihaknya berpuas diri, justru akan dijadikan motivasi untuk mendapatkan prestasi yang lebih tinggi dalam bidang pembinaan lingkungan dan pencegahan pemanasan global. Seperti proklim lestari atau trophy proklim utama.

Sekertaris DLHK Polman, Hikma menyampaikan, prestasi ini diperoleh berkat kesungguhan pemerintah daerah sebagai upaya pembinaan dan menciptakan iklim yang kondusif. ” Hal ini yang mengantarkan Polman menerima penghargaan berupa sertifikat, hasil penilaian iklim di Dusun Cendana, Desa Kaleok, Kecamatan Binuang dan Lingkungan Ujung, Kelurahan Polewali, Kecamatan Polewali,”katanya.

Capaian ini pun tak lepas dari keputusan bupati selama 3 tahun terakhir menerbitkan Surat Keputusan (SK) Pembinaan Proklim melalui Instruksi Bupati Polewali Mandar Nomor 3 Tahun 2020 tentang Pembinaan dan Pendapingan Lokasi Program Kampung Iklim dalam Upaya Pencegahan Penyebaran Covid-19 Kabupaten Polewali Mandar. ” Polman menjadi daerah satu-satunya di Sulbar mendapatkan penghargaan dari KLHK,”tegasnya.(win/B)

Loading...
Loading...
Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

TRENDING

To Top