Musnahkan Limbah Infeksius, Dewan Imbau Rumah Sakit Miliki Insenerator

  • Whatsapp
Musnahkan Limbah Infeksius, Dewan Imbau Rumah Sakit Miliki Insenerator

PAREPOS.CO.ID, PAREPARE–
Ketua Komisi II DPRD Kota Parepare, Kamaluddin Kadir berpandangan agar rumah sakit rujukan Covid-19, sebaiknya memiliki insenerator.

Dimana dengan adanya alat tersebut akan mampu dikelola secara mandiri. Sedianya, berguna dalam memusnahkan limbah khusus infeksius.

Bacaan Lainnya

Termasuk limbah yang berasal dari penanganan penyakit menular virus korona. Baginya RS harus berbenah dalam penyediaan fasilitas sarana. “Masa penyediaan alat vital untuk pengelolaan limbah tidak ditingkatkan. Masa hanya pelayanan rumah sakit dan penyediaan dokter saja yang ditingkatkan. Mestinya harus bisa seimbang,” jelas Legislator Fraksi Partai Gerindra itu, Selasa 27 Oktober.

Kamaluddin pun menginginkan supaya mendatang terjadi peningkatan fasilitas insenerator. Misalnya awalnya belum berfungsi menjadi berfungsi. Sehingga, kelak pengelolaan dan pemusnahan limbah tidak bergantung ke pihak ketiga.

Kamaluddin pun melihat ada potensi efisiensi anggaran di balik pengelolaan limbah itu.”Lebih baik dianggarkan sekali, siapkan fasilitas, dibanding kerjasama dengan pihak ketiga. Di mana setiap waktu ada biaya penjemputan dan dikelola dengan biaya lebih tinggi,” jelasnya.

Meskipun demikian, dirinya juga menilai kondisi saat ini sebagai pemakluman. “Untuk sekarang kita setuju dengan model seperti itu. Karena ketiadaan alat untuk menangani kecuali pihak ketiga,” sebut Kamaluddin.

Adapun contoh Rumah Sakit rujukan Covid – 19, yaitu RS Andi Makassau Parepare. Mereka memakai pihak ketiga dari PT Mitra Hijau Asia.(esa/B)

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *