Hari Listrik Nasional ke-75, Penantian Terwujud di Kampung Pandang Lau

  • Whatsapp
Hari Listrik Nasional ke-75, Penantian Terwujud di Kampung Pandang Lau

PAREPOS.CO.ID,PANGKEP– Wakil Gubernur Sulawesi Selatan, Andi Sudirman Sulaiman, ST didampingi Bupati Pangkajene dan Kepulauan (Pangkep), H Syamsuddin A Hamid SE dan General Manager PLN UIW Sulselrabar, Ismail Deu, Selasa 27 Oktober, melakukan kunjungan ke Kampung Pandang Lau, Kelurahan Anrong Appaka, Kecamatan Pangkajene. Kegiatan dirangkaikan peresmian secara langsung penyaluran listrik bagi 75 Dusun dan Desa di wilayah Sulawesi Selatan, Sulawesi Barat dan Tenggara (Suselrabar).

Kunjungan itu pun, sangat istimewa karena bertepatan dengan Hari Listrik Nasional ke-75. Dimana PLN akan terus menerangi negeri, dan berhasil melistriki 75 Dusun dan Desa. PLN berhasil melistriki 4.127 kepala keluarga dengan membangun Jaringan Tegangan Menengah (JTM) sepanjang 147.65 kilometer sirkuit (kms) dan Jaringan Tegangan Rendah (JTR) sepanjang 91.78 kms, serta 62 gardu distribusi dengan total kapasitas 2650 kilo Volt Ampere (kVA) yang seluruhnya berada di Provinsi Sulselrabar. Salah satunya Kampung Pandang yang berada di wilayah pesisir pantai, kini menerima aliran listrik PLN selama 24 jam.

Bacaan Lainnya

Andi Sudirman Sulaiman mengucapkan terimakasih dan siap membantu terkait dengan pemangkasan pohon yang bisa mengganggu pasokan listrik di masyarakat. “Syukur Alhamdulillah yang sebesar-besarnya kepada PLN yang telah memberikan kehidupan yang lebih baik kepada masyarakat Kampung Pandang Lau dan 26 dusun dan desa lainnya di Sulawesi Selatan. Kami sebagai wakil dari masyarakat sangat siap membantu terkait dengan pemangkasan pohon yang menggangu kabel listrik,”ujarnya.

Bupati Pangkep, H Syamsuddin Hamid dalam kegiatan itu mengatakan, jika dirinya sudah lama mendengar keluhan masyarakat tentang listrik di kampung tersebut. Tapi, apa daya keluhan itu hanya dapat disampaikan ke pihak PLN, dan sekarang baru terealisasi. ” Alhamdulilah kini jelang masa jabatan saya berakhir, bisa terealisasi. Mereka sudah merindukan listrik sekitar 75 tahun lamanya. Dan ini sudah terwujud,”ujarnya, disambut gembira warga.

Sementara itu, General Manager PLN UIW Sulselrabar, Ismail Deu mengatakan, pembangunan Listrik Desa merupakan program PLN yang ditugaskan oleh pemerintah untuk bisa menerangi hingga pelosok negeri. “Hari ini, PLN telah meresmikan 27 desa dan dusun di wilayah Sulawesi Selatan. Tidak hanya di Hari Listrik Nasional saja, sebelumnya PLN juga telah melistriki desa, untuk di Sulawesi Selatan sebanyak 24 desa dan dusun, Sulawesi Tenggara sebanyak 6 dusun sedangkan Sulawesi Barat sebanyak 18 desa. Itu artinya sudah 75 dusun dan desa berhasil teraliri listrik PLN sepanjang bulan Oktober 2020,” ujar Ismail.

Ismail juga mengimbau kepada masyarakat tak segan membantu PLN untuk menjaga suplai listrik agar tidak mengalami gangguan.“Kami mohon kepada mayarakat untuk turut memelihara listrik, terutama jika ada pohon yang mendekati jaringan kiranya dapat merelakan pohonnya untuk dipotong. Karena jika tidak akan dapat menggangu kelangsungan pasokan listrik,” ujarnya.

Ismail berharap dengan adanya listrik di Kampung Pandang Lau bisa dimanfaatkan dengan sebaik-baiknya dan meningkatkan perekonomian warga setempat. “Harapan PLN kepada masyarakat, listrik bisa dimanfaatkan dengan sebaik-baiknya dan warga bisa lebih produktif lagi agar bisa memperbaiki ekonomi keluarga,” ujar Ismail.(*/ade)

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *