Metro Pare

Waspada, Sanksi Tegas Pelanggar Prokes Efektif Berlaku di Parepare

rapat tim terpadu penindakan tegas bagi pelanggar protokol kesehatan

PAREPOS.CO.ID, PAREPARE–Pemerintah Kota Parepare akan memberikan sanksi tegas untuk pelanggar protokol kesehatan (Prokes). Sanksi yang diatur dalam Peraturan Walikota (Perwali) Nomor 31 Tahun 2020 tentang tentang Penerapan Disiplin dan Penegakan Hukum Protokol Kesehatan Sebagai Upaya Pencegahan dan Pengendalian Covid-19 di Kota Parepare. Pedoman Pelaksanaan Protokol Kesehatan di Kota Parepare berlaku efektif besok, Kamis, 24 September 2020. “Setelah dilakukan sosialiasi selama sebulan, maka Perwali 31/2020 mulai efektif belaku pada 24 September 2020,” kata Kepala Dinas Satpol PP Parepare, HM Anzar.

Menurutnya, secara otomatis Perwali 31/2020 berlaku, maka sanksi juga mulai diefektifkan. “Kita kenakan sanksi bagi pelanggar perwali tersebut. Seperti tidak bermasker, ada denda administrasi, ada juga denda sanksi sosil,” tegasnya. Dia menjelaskan, sanksi akan diberikan kepada orang yang tidak mengenakan masker saat berada di luar rumah. “Begitu pun tempat usaha yang tidak menyediakan fasilitas protokol kesehatan secara memadai juga dikenakan sanksi,” jelasnya.

HM Anzar mengakui, penerapan sanksi bagi pelanggar Perwali 31/2020 telah dirapat secara terpadu di Kantor Dinas Satpol PP yang dihadiri unsur TNI, Polri, gugus tugas, Bagian Hukum, Badan Keuangan Daerah pekan lalu. “Sudah dilakukan rapat tim terpadu yang dihadiri Kapolres, Dandim, Wadan Brimob, Bagian Hukum, Kasi Intel Kejari,  Sekretaris Badan Keuangan Daerah, Dishub terkait persiapan penerapan sanksi bagi pelanggar perwali 31/2020,” katanya.

Ditambahkannya, rapat tim terpadu juga membahas terkait pengaturan teknis lapangan, sasaran operasi atau razia. “Intinya Satpol PP memiliki kewenangan dalam penegakkan. Sedangkan TNI dan Polri membekap,”jelasnya. Sanksi denda langsung dieksekusi di tempat. Bagi mereka yang menolak bayar denda akan diberi sanksi kerja sosial selama tiga jam yang lokasinya ditentukan tim gugus tugas. (sar/B)

Loading...
Loading...
Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

TRENDING

To Top