Tidak ‘ Informatif’ Keterbukaan Informasi Jadi Tantangan Plt Diskominfo Pinrang

  • Whatsapp
Tidak ' Informatif' Keterbukaan Informasi Jadi Tantangan Plt Diskominfo Pinrang

PAREPOS.CO.ID,PINRANG– Pemerintah Kabupaten Pinrang menjadi salah satu daerah yang dinilai tidak informatif terkait keterbukaan informasi publik. Hal itu sesuai data yang dikeluarkan Komisi Informasi Pusat (KIP) Provinsi Sulawesi Selatan.

Hal tersebut menjadi tantangan tersendiri bagi pelaksana tugas (Plt) Kepala Dinas Komunikasi dan Informatika (Kominfo) Kabupaten Pinrang, Andi Matjtja Moenta yang baru saja ditunjuk mengantikan Zaenal Hafied yang dimutasi ke Dinas Koperasi dan UMKM.

Bacaan Lainnya

Penunjukkan itu terbilang spesial,  karena Andi Matjtja saat ini masih menjabat sebagai Sekretaris Dinas Perpustakaan dan Arsip Daerah. Seperti diketahui, data KIP Sulsel dari 23 kabupaten dan kota di Sulsel terkait peringkat keterbukaan informasi publik tahun 2019, belum ada yang berada pada kategori informatif.

Kategori informatif mensyaratkan poin di atas 90-100. Sementara hanya ada tiga kabupaten yang mendapat kategori menuju informatif, yakni Luwu Utara dengan poin 86,19, Parepare 82,40 dan Bone 82,26.

Sedangkan tujuh kabupaten/kota berada pada kategori cukup informatif dengan poin 60-79,99 yaitu Enrekang, Makassar, Bantaeng, Pangkep, Sinjai, Luwu Timur, dan Toraja Utara. Sementara ada 2 kabupaten atau kota yang kurang informatif dengan poin 40-59,99 yaitu Barru dan Palopo.

Sementara kabupaten yang sama sekali tidak Informatif, yaitu Bulukumba, Pinrang, Soppeng, Maros, Sidrap, Luwu, Gowa, Wajo, Selayar, Takalar dan Jeneponto.

Indikator dan presentasi penilaian terkait penilaian Monev 2019, yakni pengembangan website, pengumuman informasi publik, pelayanan Informasi publik dan penyediaan informasi publik, serta presentasi dan visitasi. (mnr/C)

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *