Pengajuan Dispensasi Nikah Dini Meningkat di Polman

  • Whatsapp
Pengajuan Dispensasi Nikah Dini Meningkat di Polman

PAREPOS.CO.ID,POLMAN — Pernikahan anak yang belum cukup umur meningkat dimasa pandemi Covid-19 di Kabupaten Polewali Mandar (Polman). Hal itu dibuktikan dengan meningkatnya angka permohonan dispensasi nikah dalam waktu sebulan terakhir. Dalam bulan Agustus, Pengadilan Agama (PA) Polman menerima sebanyak 32 permohonan dispensasi nikah.

Ketua Pengadilan Agama Polman, Dewiq SH MH mengatakan, kalau dalam sebulan terakhir ini angka permohonan dispensasi nikah memang meningkat sangat tajam bahkan mencapai 32 permohoman dalam sebulan. “Angka ini sangat meningkat dibandingkan bulan sebelumnya,” ujar Dewiq, Rabu 2 September, diruang kerjanya.

Bacaan Lainnya

Dewiq pun mengajak seluruh element masyarakat, termasuk pemerintah daerah agar dapat ikut meminimalisir angka perkawinan anak dibawah umur. Pasalnya, akan banyak dampak negatif yang ditimbulkan termasuk kasus stunting. Salah satu penyebab stunting karena nikah dibawah umur, sehingga untuk membolehkan menikah harus bermohon dispensasi ke Pengadilan Agama.

Terpisah, Kepala Bidang Pemberdayaan Perempuan Dan Anak DP2KBP3A Polman, Harsani mengatakan pihaknya tak henti-hentinya menyampaikan kemasyarakat tentang dampak negatif kalau anak menikah dibawa umur. Akan tetapi, kata Harsani, walau pernikahan anak yang masih belum cukup umur tidak dianjurkan, baik secara agama maupun peraturan pemerintah. Tapi cenderung mengalami peningkatan lantaran keadaan yang memaksa seperti hamil di luar nikah. Belum lagi,
dimasa pandemi, kami terbatas punya gerakan untuk mensosialisasikan ke masyarakat.

Pemicu utama hamil di luar nikah, antara lain faktor keluarga, teknologi, dan pergaulan remaja yang kebablasan. ” Jadi kiranya keluarga, sekolah, dan tokoh agama di lingkungan masing-masing menjadi benteng pertama untuk menjaga anak-anak dari pergaulan bebas,”jelasnya. ”
Mari kita bersama-sama memerangi pernikahan anak dibawa umur agar kehidupan masa depan anak kita terarah,”timpalnya.(win/B)

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *