Pengadilan Tipikor Sidangkan Kasus OTT Kadisdik Sidrap

  • Whatsapp
Pengadilan Tipikor Sidangkan Kasus OTT Kadisdik Sidrap

PAREPOS.CO.ID, SIDRAP — Kasus operasi tangkap tangan (OTT) dugaan korupsi di dinas pendidikan segera disidangkan.

Pengadilan Tindak Pidana Korupsi (Tipikor) Makassar rencananya bakal mengadili Kepala Dinas Pendidikan Sidrap, Syahrul.

Bacaan Lainnya

Syahrul akan diadili bersama Kasubag Keuangan Ahmad, serta tenaga honorer Neldayanti. Ketiganya telah dijadikan tersangka karena diduga melakukan pungli sebesar Rp250 juta.

Hal tersebut diungkapkan Kepala Seksi (Kasi) Pidana Khusus (Pidsus) Kejari Sidrap, Hardiman Putra saat dikonfirmasi, Senin 31 Agustus, kemarin.

Hardiman mengungkapkan, sidang pejabat Pemkab Sidrap tersebut rencananya akan digelar pada 1 September 2020 dengan agenda pembacaan dakwaan.

“Insyaallah sidang dengan agenda pembacaan dakwaan digelar secara online besok (hari ini,red). Terdakwa ikut sidang di lapas sementara Jaksa di pengadilan negeri. Itu terbuka untuk umum dan bisa diikuti di pengadilan,” ungkap Hardiman.

Hardiman menyebutkan, dalam perkara ini Jaksa Penuntut Umum (JPU) Kejati Sulsel mendakwa para tersangka dengan pasal dalam dakwaan. Yakni pasal 12 huruf e dengan ancaman maksimal 15 tahun penjara. Dan pasal 11 Undang-undang Tindak Pidana Korupsi, Juncto Pasal 55 ayat (1) ke-1 KUHP dengan ancaman hukuman maksimal 4 tahun penjara.

Sebelumnya, Polda Sulsel berhasil melakukan operasi tangkap tangan dan mengamankan uang sebesar Rp250 juta dari Kadisdik Pendidikan Syahrul. Dibuktikan selembar slip setoran tunai Bank BNI Cabang Pembantu Sidrap senilai Rp250 juta.

Uang tersebut diduga merupakan hasil pungutan liar dari 62 Kepala Sekolah Tingkat Sekolah Dasar dan 19 Kepala Sekolah tingkat SMP di Sidrap.(ami/B)

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *