Pemkab Sidrap Mediasi Soal Lahan HGU, PT Margareksa Malah Bungkam

  • Whatsapp
Pemkab Sidrap Mediasi Soal Lahan HGU, PT Margareksa Malah Bungkam

PAREPOS.CO.ID, SIDRAP — Pemkab Sidrap menginisiasi mediasi soal lahan hak guna usaha (HGU) PT Margareksa. Hal itu menyusul, sejumlah warga yang mengklaim tanah itu mendatangi kantor Dinas Tanaman Pangan, Hortikultura, Perkebunan dan Ketahanan Pangan (TPHPKP) Kabupaten Sidrap, Kamis, 3 September, lalu.

Mereka mempertanyakan pengolahan lahan yang dikerjakan oleh oknum dari pihak PT Margareksa. Sekretaris Daerah Pemkab Sidrap, Sudirman Bungi menduga, persoalan itu muncul karena adanya kesalahpahaman terkait pola dan sistem kerja dari PT Margareksa. “Pak Bupati mengarahkan agar PT Margareksa melakukan demplot atau penyuluhan kepada petani dengan membuat lahan percontohan. Demplot itu bisa dilakukan di daerah-daerah yang kira-kira belum ada warga beraktifitas di lahan itu. Supaya dibuktikan dulu bahwa menanam komoditi ubi di situ memang baik. Toh kalau berhasil, masyarakat pasti ikut,” kata Sudirman, saat memimpin rapat di ruang kerjanya, Jumat 4 September.

Bacaan Lainnya

Sudirman mengusulkan, PT Margareksa melakukan sosialisasi agar bisa mengakomodir kepentingan warga. “Sosialisasi itu penting agar semua pihak memahami apa yang dilakukan PT Margareksa,” ucap dia.

Dia berharap, PT Margareksa dan masyarakat ada titik temu. Kata dia, PT Margareksa dapat melakukan aktifitas perekonomian tanpa mengganggu pekerjaan masyarakat. “Itulah yang akan di mediasi pemerintah. Perusahan beraktifitas dan masyarakat juga hidup berdampingan serta bersinergi dengan perusahaan,” pungkasnya.

Sementara itu, saat ditanya soal polemik tersebut, perwakilan PT Margareksa, Sony malah bungkam. Ia justru enggan berkomentar banyak terkait masalah itu. “Okey tidak ada masalah. Nanti lain kali yah,” singkat Sony. Sebagai informasi, PT Margareksa terletak di Desa Mojong, Kecamatan Wattang Sidenreng, Kabupaten Sidrap.(ami/B)

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *