Hukum dan Kriminal

Miris, Ibu Rekam Aniaya Anak dengan Balok

Kapolres Parepare, AKBP Budi Susanto

PAREPOS.CO.ID, PAREPARE– Seorang anak dianiaya ibunya sendiri. Dengan sebuah balok. Rambut juga dijambak. Seperti terlihat dalam video yang viral di media sosial. Video yang berdurasi lima menit itu, memperlihatkan seorang anak dianiaya. Direkam sendiri ibunya. Terlihat berulang kali menjambak rambut anak perempuannya, hingga memukulnya dengan balok kayu.

Tak hanya itu sambil merekam aksinya, sang ibu juga terus meluapkan kekesalannya. Karena beberapa minggu ini anaknya memilih tinggal di rumah kerabat yang berada di Kabupaten Pinrang. “Tidak pernah gah ibu gurumu menelepon sama ibu. Berapa gurumu menelepon. Janganko percaya sama ini anak,” teriak ibu sambil menjambak sang anak.

Dari kekerasan yang diterimanya, sang anak menderita luka memar di beberapa bagian tubuhnya. Di antaranya, di tangan, kelopak mata, dan wajah. Kapolres Parepare, AKBP Budi Susanto mengatakan, pihaknya saat ini masih melakukan pemeriksaan terhadap sang ibu berinisial SV.

Atas penganiayaan yang dilakukan kepada anak perempuannya yang masih berumur 10 tahun. “Unit Perlindungan Perempuan dan Anak (PPA) Satreskrim Polres Parepare sudah melakukan pemeriksaan. Namun, karena ibu ini memiliki bayi, kita minta wajib lapor. Besok (red hari ini) dipanggil lagi,” katanya, Minggu, 20 September.

Budi mengungkapkan, untuk korban atau anak saat ini berada di rumah kerabat di Kabupaten Pinrang, dan dipantau oleh lembaga perlindungan anak. Akibat perbuatannya, pelaku diganjar pasal berlapis, yakni pasal 44 ayat 1 UU no 23 tahun 2004, tentang penghapusan kekerasan dalam rumah tangga dan pasal UU 80 ayat 1 UU RI no 35 tahun 2018, tentang perlindungan anak. “Ancaman hukumannya lima tahun penjara. Dan hingga kini, pelaku masih menjalani pemeriksaan,” kata Kasat Reskrim Polres Parepare, Iptu Asian Sihombing. (mat/C)

Loading...
Loading...
Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

TRENDING

To Top