Ekonomi

Miris, ASN Parepare Biang Kelangkaan LPG 3 Kg

PAREPOS.CO.ID,PAREPARE– Masyarakat Kota Parepare kerap mengeluh terkait kelangkaan tabung gas LPG Subsidi 3 Kilogram (Kg) yang sangat penting bagi masyarakat kurang mampu. Penyebab kelangkaan tersebut akhirnya terungkap dalam pertemuan antara Pemerintah Kota Parepare melalui Dinas Perdagangan bersama PT Pertamina dan agen LPG, Rabu 16 September, kantor Dinas Perdagangan Parepare.

Kelangkaan gas LPG 3 Kg di Kota Parepare, dipicu oleh pengguna tabung gas bersubsidi yang hanya diperuntukkan untuk golongan masyarakat tidak mampu. Namun, faktanya sebanyak 75 persen Aparat Sipil Negara (ASN) di Kota Parepare ikut menggunakannya. Penegasan itu diungkapkan,
salah satu Agen LPG dari PT Salma, Naya yang membeberkan, kelangkaan LPG 3 Kg tidak hanya karena kurangnya jumlah pendistribusian dari pihak petamina, namun juga karena pengguna berasal dari ASN.

“Kalau kita pikir pendistribusian gas elpiji ini totalnya sebanyak 5.960 per hari. Hal ini dapat mengakomodir masyarakat di Kota Parepare, apalagi didistribusikan setiap harinya. Tapi karena kita liat kondisi di lapangan penggunaan LPG 3kg ini memang tidak digunakan oleh masyarakat kurang mampu saja, tapi banyaknya ASN ikut yang menggunakan tabung gas bersubsidi tersebut. Jika ini bisa dievaluasi, maka distribusi tabung LPG 3kg di Kota Parepare itu sangat cukup,”kata Naya.

Plt Kepala Dinas Perdagangan Kota Parepare, Hasan Ginca mengatakan, dari pertemuan ini diharapkan dapat menghasilkan strategi jitu dalam pengawasan penggunaan tabung LPG 3 Kg. Termasuk akan menyurat untuk penerbitan regulasi, untuk menertibkan ASN agar beralih ke gas non subsidi. “ASN harus sadar dan menjadi contoh serta memahami aturan bahwa LPG 3 Kg bukan peruntukannya bagi mereka, karena itu diperuntukan untuk warga kurang mampu,”jelasnya.

Sementara itu, Sales Branch Manager Pertamina IV Sulseltra, Arnaldo Andika Putra mengharapkan agar ASN di Kota Parepare yang masih menggunakan LPG 3kg untuk segera beralih ke gas non subsidi. “Bagi para ASN agar menggunakan LPG non subsidi. Kita bisa mengantarkan ke rumah mereka masing-masing. Jadi mereka tidak perlu lagi datang ke outlet untuk menukarkan tabung. Mereka cukup hubungi kami melalui agen kami, atau call center 135. Dan bila mereka ingin menukarkan LPG 3Kg, akan kami tukarkan dengan LPG Bright Gas 5,5Kg,”urai Andika.(*/ade)

Loading...
Loading...
Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

TRENDING

To Top