Milad Ke-60 Karang Taruna, Bebas: Jadilah Mitra Pemerintah

  • Whatsapp
Milad Ke-60 Karang Taruna, Bebas: Jadilah Mitra Pemerintah

PAREPOS.CO.ID,POLMAN– Hari Ulang Tahun ( HUT) Karang Taruna Ke- 60, dilaksanakan di Gedung PKK Kabupaten Polewali Mandar di Jalan Tritura Kelurahan Madatte, Kecamatan Polewali, Minggu 27 September 2020.

Milad tersebut dihadiri oleh Sekretris Daerah( Sekda) Polman,   Ir A Bebas Manggazali, Staf Ahli Bupati Polman, Bidang Hukum dan SDM, Perwakilan TNI Kodim 1402 Polman Letda Inf Karyanto Dan Unit Intel Dim, Ketua Umum Asosiasi Karang Taruna Indonesia, Hermin Mus, Anggota DPRD Polman Ilham Djalil, Kemenag Polman,H Mulyadi, Kepala Dinas Sosial Polman, Yusuf Djalaluddin,dan para Ketua Karang Taruna tingkat  kecamatan dan Desa se-kabupaten Polman.

Bacaan Lainnya

Ketua Umum Karang Taruna Polman Ir. Fariduddin Wahid mengatakan, karang taruna terdiri dari dua suku kata yakni Karang dan Taruna. Karang merupakan struktur bangunan batu yang kuat tempat berkumpulnya ikan ikan dilaut dan Taruna artinya pemuda/pemudi. ” Apabila digabung, maka Karang Taruna dimaknai sebagai wadah berkumpulnya para pemuda pemudi untuk menciptakan ide dan gagasan dalam mewujudkan kemandirian dan kesejahteraan sosial, dan terkhusus dimasa Pandemi Covid-19. ” Karang taruna harus bisa tetap eksis menghadapi masalah sosial,”katanya

Ketua Umum Asosiasi Karang Taruna Indonesia, Hermin Mus, mengatakan, Asosiasi Karang taruna saat ini bergerak diseluruh Indonesia dengan harapan karang taruna dapat lebih berkembang sama dengan Karang Taruna yang ada di Pulau Jawa.

Organisasi karang Taruna sebagai organisasi pemuda diharapkan dapat menjadi pioner organisasi lain yang ada di tingkat desa. Maka melalui momentum Milad ke 60 tersebut, kata Hermin, peran penting karang taruna mampu mewujudkan pertumbuhan dan perkembangan kesadaran tanggung jawab sosial setiap generasi muda warga dan mencegah, menangkal, menanggulangi dan mengantisipasi berbagai permasalahan sosial dan terbentuknya jiwa dan semangat juang generasi muda warga yang handal dan berpengetahuan.

Selain itu, terbentuknya potensi dan kemampuan generasi muda dalam rangka mengembangkan memberdayakan warga yaitu pemuda desa. Serta menjadi motivator bagi setiap generasi muda yang mampu menjadi perekat persatuan dalam beragam kehidupan bermasyarakat berbangsa dan bernegara.

Sementara itu, Sekda Polman Andi Bebas Manggazali berharap Karang Taruna Polman  bisa bersinergi dengan pemerintah daerah, termasuk ditingkat Desa dan Kelurahan. Hal itu demi terwujudnya tata kelola pemerintahan yang bersih serta karang taruna dapat menjadi mitra pemerintah dari segala hal.(win/C)

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *