Inovasi Pertanian, Petrokimia Gresik Hadirkan Mobil Uji Tanah

  • Whatsapp
Inovasi Pertanian, Petrokimia Gresik Hadirkan Mobil Uji Tanah

PAREPOS.CO.ID, MAKASSAR– PT Petrokimia Gresik meluncurkan inovasi dibidang pertanian berupa mobil uji tanah. Peluncuran inovasi dilakukan langsung Wakil Gubernur Sulsel, Andi Sudirman bersama Vice Presiden PT Petrokimia Gresik Muhammad Ihwan F, Rabu 2 September, di Halaman Kantor Gubernur Sulsel.

Wagub Sulsel, Andi Sudirman Sulaiman mengatakan salah satu persoalan yang biasanya dihadapi petani adalah kurang memahaminya kondisi tanah yang ditanami. “Petani terkadang tidak memahami kondisi tanah yang ditanami jadi hasilnya kurang maksimal, sehingga harapan kita dengan hadirnya mobil uji tanah ini persoalan ini dapat diatasi,”ungkapnya.

Bacaan Lainnya

Wagub menyampaikan apresiasi atas inovasi PT. Petrokimia Gresik,yang tentunya sangat dibutuhkan oleh petani.
“Inovasi PT Petrokimia Gresik dengan menghadirkan mobil uji tanah sangat dibutuhkan oleh masyarakat khususnya para petani dan saya sangat tertarik,”sebutnya. Dia pun mengaku, mobil ini berfungsi sebagai alat tes sebelum melakukan proses pertanian, termasuk sawah dan perkebunan.

“Inovasi ini kita apresiasi, dengan begini mereka lebih tepat untuk menentukan kebutuhan petani. Mobil ini berfungsi sebagai alat tes, sebelum melakukan proses pertanian, termasuk sawah dan perkebunan dapat di tes dulu. Bisa langsung dites ditempat. Mobil ini bisa menjangkau bahkan ribuan lokasi, sehingga bisa bergerak kemana saja di daerah yang membutuhkan,”pungkasnya.

Pada kesempatan itu, Wagub Sulsel juga menyampaikan keluhan dan masalah para masyarakat dan petani mengenai pupuk. “Kami sampaikan di sulsel terdapat daerah yang diketahui kondisi petani sangat sulit mendapatkan pupuk karena mahal semoga bisa segera ada solusi,”tambahnya. “Penambak dan pertani sama, harus ada solusi yang menguntungkan bagi para petani kedepannya. Apalagi kondisi saa ini, dimana mereka menghadapi pandemi covid-19,”timpalnya.

Sementara itu Vice Presiden PT Petrokimia Gresik Muhammad Ihwan F, mengatakan, mobil uji tanah merupakan sarana informasi bagi petani di Indonesia. “Jadi Mobil uji tanah ini berfungsi untuk menguji tingkat kesuburan tanah, sehingga bisa mempermudah petani dalam memberikan pemupukan di setiap bidang tanah,”katanya.

Ia menjelaskan selama ini petani cukup kesulitan dalam memilih jenis pupuk yang akan digunakan di tanahnya. “Selama ini, petani merasa kesulitan dalam memilih jenis pupuk yang akan digunakan, dengan hadirnya mobil ini diharapkan mempermudah permasalahan itu,sekaligus ini bagian dari pelayanan pelanggan, sehingga petani akan mudah memberikan pupuk di setiap tanah yang diuji,”pungkasnya.(*/ade)

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *