Hari Rabies Sedunia, Distanpan Vaksin Hewan Peliharaan Warga

  • Whatsapp
Hari Rabies Sedunia, Distanpan Vaksin Hewan Peliharaan Warga

PAREPOS.CO.ID,POLMAN — Dalam rangka memperingati Hari Rabies Sedunia yang jatuh pada tanggal 28 September 2020. Dinas Pertanian dan Pangan (Distanpan) melakui Bidang Peternakan Kabupaten Polman, menggelar vaksin dan pemberian vitamin terhadap puluhan hewan peliharaan warga seperti anjing dan kucing.

Pemberian vaksin dan pemberian vitamin dilaksanakan di Pelataran Kantor Distanpan Polman, Senin 28 September, siang tadi. Kegiatan tersebut disaksikan oleh Kadis Pertanian dan Pangan, Hassani dan Kabid Peternakan Ir Kaharuddin dan dihadiri dua dokter hewan.

Bacaan Lainnya

Salah satu dokter hewan yang melakukan vaksin, drh Isnaniah Bagenda mengatakan, pemberian vaksin ini dalam rangka memperingati Hari Rabies sedunia sekaligus melakukan pencegahan adanya penyakit rabies yang menyerang hewan peliharaan warga.

Penyakit rabies yang ditimbulkan hewan itu dapat menulari manusia sehingga untuk mencegah hal itu, maka kita lakukan vaksinasi massal terhadap hewan-hewan peliharaan masyarakat. drh Isnaniah Bagenda mengakui, kegiatan ini dimaksudkan juga untuk memberikan imunitas dan perlindungan terhadap hewan-hewan peliharaan.

Efektivitas pemberian vaksi ke hewan peliharaan agar terhindar dari penyakit rebies itu baiknya sekali setahun, dan juga terkadang tergantung dari produsen vaksin. ” Tetapi kita menggunakan vaksin yang penggunaanya hanya sekali setahun. Dalam kegiatan ini ada 60 hewan peliharaan baik anjing dan kucing diberikan vaksin. Kegiatan ini juga akan dilakukan di UPTD hewan dibawah naungan Bidang Peternakan,”tutup drh Isnaniah Bagenda.

Sementara itu, Kepala Distanpan Polman, H Hassani menjelaskan, kegiatan ini untuk membantu masyarakat untuk pemberian vaksin ke hewan peliharaan masyarakat dan ini diberikan secara gratis. Kegiatan ini merupakan bagian dari peringatan Hari Rabies se-dunia ” Kita berharap pada kegiatan ini warga antusias datang untuk memeriksa kesehatan hewan peliharaannya sekaligus pemberian vaksin agar hewan peliharaan masyarakat sehat dan bebas dari penyakit rabies,”ujarnya. (win/B)

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *