Wabup Pinrang: Detik-detik Proklamasi Masyarakat Wajib Mengikutinya

  • Whatsapp
Wabup Pinrang: Detik-detik Proklamasi Masyarakat Wajib Mengikutinya

PAREPOS.CO.ID,PINRANG– Pemerintah Kabupaten Pinrang menggelar rapat pemantapan peringatan HUT RI ke 75 tingkat Kabupaten Pinrang, Rabu 12 Agustus, di ruang pola Kantor Bupati Pinrang. Rapat dipimpin Wakil Bupati Pinrang, Alimin didampingi Sekda Pinrang Andi Budaya. Kegiatan itu juga dihadiri Asisten 1 Pemkab Pinrang, Bau Sawerigading, Kasdim 1404 Pinrang, Mayor Inf Bakri, S. Sos, Wadanyonif 721 Makkasau, Mayor Inf Wefri Sandianto dan Kabag Ops. Polres Pinrang, Kompol Marthen, SR.

Sementara rapat diikuti dari unsur TNI dan Polri serta Organisasi Perangkat Daerah (OPD). Wakil Bupati Pinrang, Alimin dalam pertemuan itu mengatakan, upacara secara virtual peringatan ke-75 detik-detik Proklamasi Kemerdekaan RI kali ini dilaksanakan secara sederhana, sangat minimalis dan memenuhi protokoler kesehatan pencegahan Covid 19 dengan mengusung tema ‘INDONESIA MAJU’.

Bacaan Lainnya

Alimin mengimbau masyarakat di bumi Lasinrang, Pinrang agar wajib mengikutinya pada tanggal 17 Agustus 2020, saat detik-detik proklamasi pada pukul 11.17 Wita selama 3 menit dengan menghentikan aktifitasnya sejenak saat pengibaran bendera sang merah putih yang diiringi lagu Indonesia Raya.

Senada diungkapkan, Sekretaris Daerah Pinrang Andi Budaya selaku Panitia Pelaksanaan HUT RI ke 75 tahun 2020 Kabupaten Pinrang menguraikan rangkaian pelaksanaan peringatan HUT RI. Rangkaian kegiatan HUT RI ke 75 dimulai minggu 16 Agustus 2020 dengan melaksanakan apel kehormatan dan renungan suci di Taman Makam pahlawan Palia pada pukul 24.00. Unsur peserta dari TNI dan Polri serta Pejabat eselon II.

Esoknya, Senin 17 Agustus 2020 Pengibaran Bendera Merah Putih di halaman kantor Bupati Pinrang waktu pukul 07.30. Adapun unsur pesertanya dari TNI dan Polri masing masing 5 orang, pejabat eselon II pakaian Korpri, para Kabag dan Camat dengan pakaian Korpri. Disusul penerimaan Satya Lencana secara simbolis untuk 10 tahun, 20 tahun dan 30 tahun masing masing diwakili 1 penerima.

Sementara untuk upacara peringatan detik detik proklamasi berbeda dengan tahun – tahun sebelumnya. Dengan pertimbangan pandemi Covid-19 akan dilaksanakan secara virtual dan dipusatkan di Aula Kantor Bupati Pinrang Senin, 17 Agustus 2020 pukul 11.00.

Unsur pesertanya juga sangat terbatas dimana pesertanya dari TNI-Polri masing masing 5 orang, pejabat eselon II dengan pakaian adat, para Kabag dan Camat juga memakai pakaian adat. Pada pelaksanaan upacara penurunan bendera akan dipusatkan di Halaman Kantor Bupati Pinrang, pukul 17.00 Wita dan pesertanya dari TNI dan Polri masing masing 5 orang, Eselon II memakai Korpri, Kabag dan Camat juga pakaian Korpri. Penurunan bendera yang dilakukan secara virtual akan dipusatkan di Aula Kantor Bupati Pinrang, 17 Agustus 2020 Pukul 18.00 di mana pesertanya dari TNI dan Polri, Kabag dan Camat.(*/ade)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *