Bencana Alam

Sungai Aressie Meluap, Ratusan Rumah dan Areal Persawahan Tergenang di Pinrang

PAREPOS.CO.ID, Pinrang– Pemerintah Kabupaten Pinrang telah bertindak cepat dalam penanganan banjir yang melanda daerah Aressie, Kecamatan Tiroang. Banjir tersebut diakibatkan karena meluapnya Sungai Aressie yang disebabkan curah hujan yang cukup tinggi, Senin 10 Agustus, lalu. Seperti diketahui, Wakil Bupati Pinrang, Alimin telah memantau langsung kondisi banjir tersebut sebagai langkah upaya penanganan selanjutnya.

Wujud peduli akan banjir tersebut, Ketua TP PKK Pinrang, Andi Sri Widiyati juga mengunjungi langsung lokasi banjir. Didampingi Kadis Kesehatan Pinrang dr Dyah Puspita Dewi dan Pengurus TP PKK lainnya, Andi Sri Widiyati Irwan menyerahkan bantuan untuk korban banjir dan diserahkan di posko banjir di Kantor Kelurahan Samaturue.

Bantuan tersebut berupa kebutuhan pokok seperti beras dan mie instan. Andi Sri juga turun langsung membantu warga membersihkan sampah yang dibawa arus air yang menggenangi pemukiman warga. “Sampah – sampah ini perlu kita bersihkan. Agar selokan bisa lancar kembali” ucap Andi Sri.

Andi Sri berharap tidak ada korban jiwa dalam peristiwa ini. “Kita turun untuk memantau warga kita yang tertimpa musibah banjir. Semoga tidak ada korban” harap Ketua TP PKK. Berdasarkan laporan sementara dari Camat Tiroang M. Rusli yang hingga saat ini terus berada di lokasi banjir, kurang lebih 400 rumah warga terdampak dan ratusan hektar sawah tergenang air.

Selain dari akibat luapan Sungai Aressie, kata M Rusli, keadaan diperparah dengan banjir kiriman dari Kabupaten tetangga Sidrap dan Enrekang. M. Rusli juga menyampaikan untuk posko banjir Aressie ditempatkan di Kantor Kelurahan Samaturue. Saat ini aparat gabungan terus bekerja untuk melakukan penanganan dini kebencanaan. BPBD Pinrang telah melakukan evakuasi warga ke tempat aman dengan menggunakan perahu karet. Tim Public Safety Center (PSC) 119 Dinas Kesehatan juga di lokasi. Tim dari Tagana Dinas sosial juga turun. Petugas kebersihan DLH juga telah dikerahkan.(*/ade)

Loading...
Loading...
Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

TRENDING

To Top