Ribuan TKI Deportasi dari Malaysia akan Tiba di Pelabuhan Tanjung Silopo

  • Whatsapp
Ribuan TKI Deportasi dari Malaysia akan Tiba di Pelabuhan Tanjung Silopo

PAREPOS.CO.ID,POLMAN — Ribuan Tenaga Kerja Indonesia (TKI) yang dideportasi dari Negara Malaysia akan tiba di Pelabuhan Tanjung Silopo, Desa Mirring, Kecamatan Binuang, Kabupaten Polewali Mandar (Polman). Sebanyak 1.100 TKI deportasi tersebut diberangkatkan dari Pelabuhan Sandakan, Malaysia.

Terkait kedatangan ribuan TKI yang dideportasi tersebut, Sekertaris Daerah (Sekda) Kabupaten Polman Andi Bebas Manggazali menuturkan, dari hasil pertemuan dengan Pemerintah Provinsi (Pemprov) Sulbar di Aula Pelabuhan Tanjung Silopo, Kamis 27 Agustus, TKI tersebut diberangkatkan dengan menggunakan KM Catellya dari Sandakan, Malaysia.

Bacaan Lainnya

TKI yang dideportasi itu bukan hanya berasal dari Sulbar, melainkan dari beberapa wilayah Provinsi di Indonesia. Makanya, kata Andi Bebas, sebagai tuan rumah dimasa pandemi Covid-19, telah menyiapkan segala sesuatunya termasuk kelengkapan protokol kesehatan. Sebab yang datang nanti ini ribuan TKI yang  harus disiapkan semua fasilitas, termasuk losmen bagi tempat mereka setelah turun dari kapal sebelum kembali ke daerahnya.

Bukan hanya itu, sebelum turun dari kapal para TKI yang dideportasi itu akan mengikuti rapid test dulu, barangnya juga akan diperiksa. ” Dipilihnya Pelabuhan Silopo merupakan
kepercayaan yang diberikan oleh Kementrian Perhubungan Laut dan Dirjen Ketenagakerjaan sebagai tempat penjemputan bagi TKI yang dideportasi dari Malaysia,”ungkap Andi Bebas, Sabtu 29 Agustus, kepada PAREPOS Online.

Sementara itu, Staf Ahli Gubernur Sulbar Bidang Ketenagakerjaan dan Hubungan Luar Negeri, Firdaus Gigo mengatakan, ini merupakan tindak lanjut dari pertemuan yang digelar di Mamuju dengan dinas terkait belum lama ini dengan membahas persiapan kedatangan Kepala BP2MI Jakarta yang sebelumnya nama lembaganya yakni Badan Nasional penempatan dan perlindungan tenaga kerja Indonesia( BNP2TKI) untuk mengecek kesiapan sarana dan prasarana Pelabuhan Tanjung Silopo dalam rangka menerima kedatangan para TKI yang dideportasi dari Malaysia.

Kepala BP2MI nantinya itu akan datang mengecek langsung kesiapan pelabuhan kita untuk pelayaran Perdana Polman-Malaysia. “Kedepannya itu,
dalam pelayaran perdananya KM Catellya akan berangkat dari Pelabuhan Tanjung Silopo menuju Pelabuhan Sandakan Malaysia untuk menjemput para TKI,”ujar Firdaus Gigo.(win/C)

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *