Program BSU di Pangkep, Aminah: Baru 14.189 Data Pekerja Diajukan Perusahaan

  • Whatsapp
Program BSU di Pangkep, Aminah: Baru 14.189 Data Pekerja Diajukan Perusahaan

PAREPOS.CO.ID, PANGKEP — Kepala Cabang BPJS Ketenagakerjaan (BPJamsostek) Kabupaten Pangkep, Aminah Arsyad mengungkapkan, dari 19 ribu data pekerja diwilayahnya, baru sebanyak 14.189 data calon penerima Program Bantuan Subsidi Upah (BSU) dari 321 perusahaan yang diterimanya. Kebijakan subsidi upah ini, kata Aminah, merupakan kebijakan turunan dari pemerintah pusat. Dimana BPJS Ketenagakerjaan hanya sebatas penyedia data.

Lantaran, kebijakan subsidi upah ini diberikan kepada pekerja yang terdaftar sebagai peserta BPJS Ketenagakerjaan. “Ada dua sistem untuk mendapat subsidi upah ini. Pertama melalui aplikasi SIPP ketenagakerjaan yang ada di perusahaan sendiri, kemudian diajuka oleh HRD perusahaan untuk memasukkan data rekening pekerja. Sistem kedua manual, pihak perusahaan mengirimkan file Excel data rekening pekerjanya ke BPJS Ketenagakerjaan,”jelasnya.

Bacaan Lainnya

Terkait untuk penyaluran program BSU itu bukan kewenangan BPJS Ketenagakerjaan melainkan melalui Himpunan Bank Milik Negara (HIMBARA) yang terdiri atas BRI, BNI, Mandiri, dan BTN. “BPJS ketenagakerjaan hanya ditunjuk sebagai penyedia data. Sesuai instruksi Kementrian Ketenagakerjaan. Sepengatahuan kami, untuk penyaluran ini kemungkinan akan dilakukan awal bulan September 2020,”timpalnya. (awi/B)

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *