Parepare dan Enrekang Paling Terbuka Informasi Publik di Ajatappareng

  • Whatsapp
Parepare dan Enrekang Paling Terbuka Informasi Publik di Ajatappareng

PAREPOS.CO.ID,PAREPARE– Komisi Informasi (KI) Provinsi Sulawesi Selatan, Selasa 25 Agustus, menempatkan dua daerah di wilayah Ajatappareng yakni Kota Parepare dan Kabupaten Enrekang pada urutan sepuluh besar pada kategori badan publik pemerintah kota dan kabupaten.

Hal itu merupakan hasil monitoring dan evaluasi (monev) keterbukaan informasi dan nilai persentase tahun 2019 pada seluruh wilayah di Sulsel. Walaupun dari 23 kabupaten dan kota di Sulsel, peringkat keterbukaan informasi publik tahun 2019 belum ada 1 pun yang masuk pada kategori “informatif”, dimana dalam kategori ini diisyaratkan poin harus berada di nilai kisaran 90 -100.

Bacaan Lainnya

Kota Parepare menjadi daerah dinilai paling terbuka informasi publik di Ajatappareng, dengan menjadi terbaik ketiga dengan nilai 82,40. Disusul Kabupaten Enrekang dengan nilai 61,53 dengan menempatkannya pada urutan ke empat. Sedangkan tiga daerah lainnya di Ajatappareng yakni, Barru, Pinrang dan Sidrap menempati urutan 11, 14 dan 17. Kabupaten Barru dengan nilai 44,15, Kabupaten Pinrang dengan nilai 35,44 dan Kabupaten Sidrap dengan nilai 16, 60.

Untuk empat daerah lainnya yakni Kabupaten Pangkep dengan nilai 60,45 menempati posisi ketujuh, Kabupaten Soppeng dengan nilai 28,34 menempati urutan ke 15, disusul Kabupaten Maros dengan nilai 17,88 menempati urutan 16 dan Kabupaten Wajo dengan nilai 7,65 yang menempatkannya pada posisi 20.

Dan untuk peringkat pertama di Sulsel, ditempat Kabupaten Luwu Utara dengan nilai 86,19. Nilai tersebut merupakan hasil dari keterbukaan informasi publik sebagaimana perintah dari Undang-Undang 14 Tahun 2008 tentang Keterbukaan Informasi Publik.(*/ade)

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *