Munas Dekranas, Ketua Dekranasda Sidrap Minta Perajin Tingkatkan Inovasi

  • Whatsapp
Munas Dekranas, Ketua Dekranasda Sidrap Minta Perajin Tingkatkan Inovasi

PAREPOS.CO.ID, SIDRAP — Ketua Dekranasda Sidrap, Mulyani Dollah meminta kepada para perajin agar meningkatkan inovasi.

Hal itu ia sampaikan di sela-sela musyawarah nasional (munas) dewan kerajinan nasional (Dekranas) 2020 yang digelar virtual.

Bacaan Lainnya

Ia menyampaikan, para perajin sebaiknya meningkatkan inovasi dan kreasi. Sehingga, kata dia, produk yang dihasilkan juga memiliki daya saing dengan daerah lain.

“Kita mesti berpedoman pada pelestarian warisan budaya Bumi Nene Mallomo. Misalnya ‘panre ulaweng’ atau perajin emas di Sidrap dahulu sangat terkenal. Ada juga para perajin tenun sutera, perajin kecapi, pandai besi, dan lainnya,” kata Mulyani, di Rujab Bupati Sidrap, Pangkajene, Rabu 19 Agustus.

Untuk itu, kata istri Bupati Sidrap ini, pihaknya berharap Dekranas dan Dekranasda Provinsi berkontribusi membina dan memberikan bantuan kepada para perajin.

“Kami mengharapkan adanya sinergitas program yang kami canangkan. Baik itu Pemkab maupun sinergitas dengan Dekranasda provinsi dan pusat,” harapnya.

Selain itu, ia juga mengapresiasi munas Dekranas terlaksana dengan baik meski di tengah pandemi covid-19.

“Alhamdulillah munas terlaksana dengan baik. Kami akan terus mendorong para perajin di Sidrap untuk tetap semangat berkarya dalam masa pandemi ini,” ucap dia.

Sementara itu, Ketua Dekranas Wuri Ma’ruf menegaskan, Dekranas harus selalu mendorong pemasaran produk kerajinan berbasis online.

“Kita harus manfaatkan teknologi digital. Buka peluang untuk memperluas pemasaran produk kita dan bantu UKM dalam beradaptasi pada kebiasaan baru saat ini,” kata Wuri.

Istri Wakil Presiden RI tersebut juga mengatakan, pandemi covid-19 bisa dijadikan momen mempercepat digitalisasi industri kerajinan.

Terlebih, kata dia, perubahan penjualan konvensional menjadi digital dapat diikuti seluruh perajin di Indonesia melalui virtual.

“Meski tidak dapat bertemu langsung dengan pembeli dan sektor pariwisata, penjualan produk kerajinan khas Indonesia masih dapat berjalan. Bahkan, tak hanya di dalam negeri, tetapi mendunia” ujarnya.

Olehnya itu, Ia mengimbau agar seluruh anggota Dekranasda dapat membina dan mengembangkan UMKM maupun IKM di daerah masing-masing.

“Saya lihat masih banyak perajin yang belum melek teknologi,” tandasnya.

Sekadar diketahui, munas Dekranas ini juga membahas anggaran dasar dan rumah tangga di masa pandemi Covid-19. Selain itu, Dekranas menyusun program kerja untuk 2020-2024.

Sebagai informasi, munas ini dibuka Ketua Dekranas, Wuri Ma’ruf Amin didampingi Ketua Harian Dekranas Tri Suswati serta diikuti seluruh ketua Dekranasda se-Indonesia.(ami/B)

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *