Masuki Musim Kemarau, BPBD Imbau Warga Waspada Angin Kencang dan Karhutla di Polman

  • Whatsapp
Masuki Musim Kemarau, BPBD Imbau Warga Waspada Angin Kencang dan Karhutla di Polman

PAREPOS.CO.ID,POLMAN –Memasuki musim kemarau segala bentuk musibah dan bencana bisa terjadi disekitar kita. Salah satunya yang sangat rentan terjadi adalah bencana kebakaran. Menyikapi hal itu Badan Penanggulangan Bencana Daerah( BPBD) Kabupaten Polman mengimbau kepada seluruh masyarakat untuk tetap waspada dan mawasdiri dengan tetap memperhatikan lingkungan sekitarnya.

Kepala BPBD Polman Andi Affandi Rahman mengatakan, saat ini sudah memasuki musim kamarau sesuai prakiraan cuaca dari BMKG yang ditandai dengan rendahnya curah hujan. Untuk itu, kata Affandi, kepada seluruh masyarakat untuk melakukan upaya pencegahan dan kesiapsiagaan dalam menghadapi ancaman bencana seperti angin kencang serta kebakaran hutan lahan (Karhutla) dan pemukiman dengan melakukan upaya pencegahan yakni jika mulai angin kencang jangan berteduh di bawah pohon, dekat papan reklame dan tiang listrik yang berpotensi tumbang.

Bacaan Lainnya

Lakukan pemangkasan pohon disekitar pemukiman untuk menghindari pohon tumbang. Bagi nelayan supaya waspada melakukan aktivitas di laut, serta menghindari gelombang tinggi dan angin kencang. ” Jika terjadi angin kencang sebaiknya jangan keluar dari rumah dan mencari tempat lebih aman,”katanya, Andi Affandi Rahman, Rabu 26 Agustus 2020.

Selain itu, dia pun menyampaikan agar masyarakat mewaspadai sumber api, seperti kebocoran selang regulator gas, sumbu kompor minyak, sampah kering dan jangan buang puntung rokok sembarangan. ” Jangan membuka lahan baru dengan cara membakar, karena dapat menimbulkan kebakaran hutan dan lahan,”imbuhnya.

Imbauan ini, lanjutnya, sudah disebar untuk diteruskan melalui Kantor Lurah dan Desa untuk disampaikan ditempat umum agar diketahui oleh masyarakat umum.(win/C)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *