Loyal dan Realistis Berpolitik, Syamsuddin Dimata Kader Golkar

  • Whatsapp
Loyal dan Realistis Berpolitik, Syamsuddin Dimata Kader Golkar

PAREPOS.CO.ID,JAKARTA– Majunya Ketua DPD II Golkar Pangkajene dan Kepulauan (Pangkep) tiga periode, H Syamsuddin A Hamid SE dalam memperebutkan kursi panas Ketua DPD I Golkar Sulawesi Selatan (Sulsel) dalam pelaksanaan Musyawarah Daerah (Musda) X, dinilai semua kalangan maupun kader adalah langkah yang tepat. Pasalnya, mantan Ketua DPRD dua periode dan kini masih menjabat sebagai kepala daerah di periode keduanya, dikenal akan loyalitasnya terhadap partai Golkar di Sulawesi Selatan.

Berbicara mengenai loyalitas terhadap partai tak diragukan. Dua kali maju dalam pelaksanaan pilkada 2010 dan 2015, partai yang dipimpinnya tak sekalipun menjadi partai terdepan atau pengusung utama. Dimana pada tahun 2010 ada kebijakan yang mengharuskan calon yang akan maju di Pilkada memperoleh tanda tangan dari dua pihak antara kubu Abu Rizal Bakrie dan Agung Laksono. Begitu pun tahun 2015, Partai Golkar hanya sebagai partai pendukung.

Bacaan Lainnya

Namun, karena loyalitas dan solidnya kader maka kebesaran Partai Golkar di daerah penghasil bandeng itu tetap menjadi terdepan dibawah komando H Syamsuddin A Hamid yang dengan perolehan suara signifikan. Seperti pada Pileg 2029, lalu dimana menempatkan partai ini menjadi peraih suara terbanyak sebesar 39.735 suara dari 217.697 jumlah pemilih tetap. Sejumlah petinggi partai pun pernah mengakui loyalitas dan sepak terjang kader yang memulai karir ditingkat desa tersebut.

Mantan Ketua DPD I Golkar Sulsel, Syahrul Yasin Limpo misalnya mengakui jika sosok Syamsuddin itu beda dari yang lain. ” Pak Syam itu orangnya pintar membaca kemungkinan dan realistis dalam berpolitik,”ujarnya, beberapa waktu lalu. Pengakuan serupa juga pernah dilontarkan, Ketua DPD I Golkar Sulsel, HM Nurdin Halid dimana diakuinya Partai Golkar bisa besar dan meraih suara signifikan dalam tiap pelaksanaan pesta demokrasi di Kabupaten Pangkep karena kejelian melihat situasi. “Pak Syam itu jeli melihat kondisi, pelan tapi pasti dan loyalitas ke partai tak diragukan,”ungkapnya.

Dalam pelaksanaan Musda X Golkar Sulsel, Wakil Ketua Bidang Pemenangan Pemilu Golkar Sulawesi Selatan Kadir Halid yang sebelumnya maju memilih mundur sebagai bakal calon ketua Golkar Sulawesi Selatan, dengan alasan ingin memenangkan H Syamsuddin A Hamid. Adik kandung Nurdin Halid itu mengakui, rekam jejak, militansi dan keberhasilan dalam mempertahankan basis dukungan dan kemenangan Golkar di Kabupaten Pangkep, itu menjadi bukti bagi para kader Golkar di Sulsel bahwa loyalitas dan prestasi serta kesetiaan terhadap partai adalah hal yang utama. ” Saya mengetahui dan semua kader mengenal betul sepak terjang, rekam jejak dan kiprah Bupati Pangkep dua periode ini di Golkar,”katanya.

Pak Syam, kata Kadir Halid, adalah sosok kader yang punya militansi, komitmen dan konsistensi ke Golkar yang tidak perlu diragukan lagi. Dengan senyum dan tangan dinginnya, pengalaman dan komitmennya menjadi salah satu yang diharapkan dalam penguatan kelembagaan kepartaian, mengembangkan dan memperkuat basis dukungan partai Golkar di Sulawesi Selatan yang bisa dilakukan terencana, terpadu, terarah dan sistematis.

Sebelumnya, H Syamsuddin A Hamid SE mengakui, keinginannya maju untuk membesarkan Partai Golkar di Sulsel tak lepas dari apa yang telah diberikan partai kepadanya selama kurang lebih 25 tahun. “Saya itu mulai berkarir politik dari pengurus Golkar ditingkat desa, hingga sekarang menjabat tiga periode sebagai Ketua DPD II Golkar Kabupaten,”jelasnya. Partai Golkar, kata Syamsuddin, dihuni para kader potensial. Maka, siapapun nanti yang terpilih akan lebih mensolidkan partai ini di Sulawesi Selatan dan kita berharap pelaksanaannya pun akan berjalan dengan baik dan demokratis.

Pelaksanaan Musda Golkar X yang akan mulai dibuka, Kamis, 6 Juli, malam ini bertempat di The Sultan Hotel yang berada di Jalan Gatot Subroto, RT.2/RW.1, Gelora, Kecamatan Tanah Abang, Jakarta Pusat. Musda akan digelar dari tanggal 6-8 Agustus 2020 yang rencananya dibuka langsung Ketua Umum Dewan Pimpinan Pusat (DPP) Golkar, Airlangga Hartanto. (*/ade)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *