Keren, Nelayan Kibarkan Bendera Merah Putih Ditengah Laut

  • Whatsapp
Keren, Nelayan Kibarkan Bendera Merah Putih Ditengah Laut

PAREPOS.CO.ID,POLMAN–  Memperingati Hari Kemerdekaan Republik Indonesia Ke -75, berbagai cara dilakukan masyarakat sebagai wujud kesyukurannya. Seperti yang dilakukan masyarakat nelayan dalam komunitas littoral dilingkungan Kampung Baru Lantora, Kelurahan Lantora Kecamatan Polewali, Kabupaten Polewali Mandar (Polman). Bendera Merah Putih dikibarkan oleh puluhan nelayan ditengah laut dalam rangka memperingati Hari Ulang Tahun (HUT) ke-75 Republik Indonesia, Senin 17 Agustus 2020.

Kegiatan yang diikuti beberapa peserta upacara dengan menggunakan perahu kecil yang telah dihiasi miniatur bendera merah putih. Bahkan, bendera yang dikibarkan oleh nelayan ini diklaim merupakan bendera yang serupa dan telah berkibar di tiga negara yakni Swis, Jerman dan Brunei Darussalam pada ajang karate tingkat dunia.

Bacaan Lainnya

Ketua Panitia Husain mengatakan, pengibaran Bendera Merah Putih yang dilakukan ditengah laut ini merupakan cara masyarakat nelayan memperingati Hari Kemerdekaan RI. Selain itu, kegiatan ini juga untuk mengajak dan menumbuhkan kembangkan jiwa kebangsaan bagi generasi muda.

Apa yang dilakukan masyarakat nelayan kali ini, juga berkat dukungan dari semua pihak baik dari unsur TNI, Polri, Pemerintah Kelurahan dan masyarakat setempat yang mendukung penuh terlaksananya kegiatan ini. Husain mengharapkan, dengan terlaksananya pengibaran bendera merah putih ditengah laut, masyarakat nelayan akan sadar bahwa pentingnya kita menghargai jasa pahlawan dan bisa turut andil dalam memperingati hari kemerdekaan.

Sementara itu, Kepala Dinas Kelautan dan Perikanan,  Muh Akbar yang turut hadir sangat mengapresiasi kegiatan pengibaran Bendera Merah Putih dan karnaval perahu nelayan. Kegiatan seperti ini harus setiap tahunnya dilaksanakan. Bukan hanya itu, kata Akbar, dirinya  juga bersyukur dengan adanya komunitas dan masyarakat kampung baru yang berinisiatif merayakan HUT Rebuplik Indonesia yang ke-75. “Kita bangga, kita salut, dan kita angkat jempol. Semoga tahun-tahun kedepannya bisa lebih meriah dan lebih semarak dan lebih mensukseskan kegiatan-kegiatan bernuansa kelautan dan perikanan,”tuturnya. Usai Pengibaran Bendera, agar lebih semarak panitia melanjutkan dengan menggelar karnaval perahu nelayan yang diikuti sebanyak 35 perahu nelayan dengan rute seputar pesisir laut Pasar Baru dan lingkungan Kampung Baru Lantora.(win/B)

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *