HUT Kemerdekaan RI, BLH PP Laksanakan Upacara Sekaligus Penanaman Pohon

  • Whatsapp
HUT Kemerdekaan RI, BLH PP Laksanakan Upacara Sekaligus Penanaman Pohon

PAREPOS.CO.ID, PAREPOS – Dalam rangka memeriahkan HUT Kemerdekaan Republik Indonesia (RI), Badan Lingkungan Hidup (BLH) Pemuda Pancasila (PP) Kota Parepare melakukan kegiatan penanaman pohon, dengan tema ‘Memerdekakan Daerah Aliran Sungai (Das) Kota Parepare’, di Daerah hulu sungai Salokarajae, Bilalangnge Kecamatan Bacukiki Kota Parepare, Senin 17 Agustus.

Sekertaris BLH-PP Andi Rifaldy Wijaya, mengatakan, lokasi ini dipilih di daerah Hulu sungai Salokarajae. Yang mana pemilihan lokasi Das tersebut didasari adanya beberapa temuan kerusakan kondisi Das.

“Ini diakibatkan oleh pembukaan lahan yang secara besar-besaran dan bahkan terdapat salah satu anakan sungai yang diduga sengaja ditutup demi kepentingan pribadi,” ujarnya.

Selain itu, kata Rifaldi, BLH PP pun juga melakukan penanaman puluhan bibit pohon (Beringin, Cenrana, dan mangga) dan mencanangkan pada akhir pekan ini akan melakukan kembali penanaman bibit pohon sebanyak 500 bibit di lokasi Hulu sungai salokarajae tersebut yang berpotensi terjadi longsoran dan pendangkalan sungai.

“Kami memang mempunyai semacam program di setiap akhir pekan untuk melakukan penanaman, penjagaan, dan monitoring hasil dari penanaman tersebut. Dikarenakan banyaknya kegiatan penanaman yang tidak memperhatikan pohon yang ditanam,” katanya.

Sementara itu, Ketua BLH PP Kota Parepare, Amri Kalbu, bermotivasi untuk melakukan gerakan pemulihan Das yang bertujuan untuk menginspirasi pihak-pihak untuk berkomitmen dan berkolaborasi secara aktif dalam menjaga Alam, mengurangi pencemaran, penebangan hutan, serta menegakkan perlindungan hukum.

“Hal ini penting dilakukan, karena alam yang sehat bisa memberikan kehidupan yang jauh lebih baik bagi masyarakat kota Parepare agar mengurangi resiko bencana alam.

Selain itu, Ketua Markas Pimpinan Cabang (MPC) PP Kota Parepare, Fadly Agus Mante, menyambut baik terkait gerakan yang BLH PP lakukan. “Saya menyambut baik gerakan yang dilakukan teman-teman di BLH PP Parepare. Dan tentunya hal ini harus kita dukung bersama demi keberlanjutan kelestarian lingkungan hidup di kota parepare,” tandasnya. (dar/B)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *