HUT Kemerdekaan, 137 Warga Binaan Rutan Pinrang Terima Remisi Umum

  • Whatsapp
HUT Kemerdekaan, 137 Warga Binaan Rutan Pinrang Terima Remisi Umum

PAREPOS.CO.ID, PINRANG – Sudah menjadi tradisi tahunan, pemerintah memberikan pengurangan masa pidana atau remisi bagi warga binaan yang telah memenuhi syarat secara adminsitratif dan substantif.

Tahun ini, Rumah Tahanan Negara (Rutan) Kelas IIB Pinrang mengusulkan 146 orang Narapidana untuk memperoleh Remisi Umum (RU) Tahun 2020. Telah terbit Surat Keputusan (SK) Menteri Hukum dan Hak Asasi Manusia (Menkumham) berjumlah 137 orang, yang terdiri atas 108 orang Pidana Umum dan 29 orang pidana terkait PP99.

Bacaan Lainnya

Selanjutnya, sisa sembilan orang masih menunggu SK dari Menkumham karena terkait PP99. Karutan Pinrang, Ali Imran menjelaskan, penyerahan Remisi di Rutan Pinrang dilakukan dengan dua sesi. Yang Pertama berlangsung di Ruang Pola Bupati Pinrang. Dan diserahkan langsung oleh Bupati Pinrang, Andi Irwan Hamid kepada dua orang perwakilan Narapidana setelah mengikuti upacara detik-detik proklamasi.

Selanjutnya, kata dia, sesi dua di serahkan oleh Kepala Rutan (Karutan) Pinrang kepada satu orang Narapidana yang bertempat di Aula Rutan Pinrang, Senin 17 Agustus. “Pemberian remisi tahun ini sangat berbeda dari sebelumnya. Jika tahun lalu, kita mengundang Bupati dan Forkopimda ke Rutan Pinrang, tahun ini kami yang menyambangi Kantor Bupati Pinrang. Mengingat masih situasi pandemi Covid-19.” ungkap Imran.

Sementara itu, Bupati Pinrang, Andi Irwan Hamid berharap kepada dua warga binaan penerima remisi agar bersyukur dengan remisi yang diperoleh. “Kita patut bersyukur, karena negara masih memberi remisi, caranya jangan pernah mengulangi lagi kesalahan hukum, jika nantinya sudah bebas,”ungkap orang nomor satu di bumi Lasinrang, Pinrang.

Penyerahan remisi tersebut berlangsung dengan tertib dengan tetap mengikuti protokoler kesehatan berupa jaga jarak, gunakan masker dan cuci tangan. (dar/B)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *