Pendidikan

Deputi Rektor 1 UNIFA Makasar dan Tim Supervisi Kunjungi Mahasiswa Program KKNE

PAREPOS.CO.ID, MAROS– Deputi Rektor I Universitas  Fajar Makasar, Nur Khaerat dan Tim Supervisi melakukan kunjungan terhadap program KKNE dibeberapa daerah di Sulawesi Selatan.

Dalam kunjungannya Deputi Rektor I Universitas  Fajar Makasar, Nur Khaerat didampingi Kepala Unit KKNE, Muh. Yusuf, Direktur Lembaga Kajian Desa, Tahang Panrita dan Supervisor KKNE, Teri Talogo.

Kunjungan tersebut dilakukan untuk melakukan monitoring pelaksanaan KKNE Pulang kampung, agar dalam pelaksanaan program dapat berjalan sesuai harapan meskipun dalam tantangan pandemi covid-19.

Tim Supervisi KKN Entrepreneur itu telah melakukan kunjungan ke lokasi KKNE Unifa di berbagai daerah di Sulawesi Selatan seperti, Maros, Pangkep, Barru, Pinrang, dan Enekang.

Kepala Unit KKNE, Muh. Yusuf Dalam program KKNE itu mengatakan, jika para mahasiswa diharapkan dapat merealisasikan, kerjanya terhadap desa penempatan mahasiswa seperti pembuatan profile desa baik dalam bentuk buku, website dan video dokumenter.

“Tidak lupa juga, mahasiswa melakukan sosialisasi protokol covid-19, pembuatan sanitizer dan masker, serta inovasi produk-produk pertanian unggulan desa, peralatan teknologi tepat guna, pendampingan dan pelatihan bumdes, pembuatan website desa, aksi sosial dan relawan bencana banjir di luwu utara dan masih program lainnya,” ujarnya, Rabu 12 Agustus 2020.

Yusuf juga meminta kepada mahasiswa yang mengikuti kkne itu agar tetap semangat dalam menjalani program di kampungnya masing-masing.
Sehingga mereka dapat berkesempatan langsung melihat potensi yang ada di kampungnya sendiri untuk dikembangkan dan menyelesaikan permasalah yang mendasar sesuai kapasitan dan keilmuannya masing-masing.

“Direncanakan di akhir program KKNE Unifa akan dilaksanakan Virtual Expo Program KKNE UNifa pulang kampung dengan menampilkan berbagai program kerja yang telah dilaksanakan di berbagai lokasi oleh mahasiswa peserta KKNE Unifa. Kesemua program tersebut ini, alhamdulillah sudah ada yang terealisasi dan sementara dalam penyelesaian,” bebernya.

Senada dengan itu, Deputi Rektor I Universitas  Fajar Makasar, Nur Khaerat mengungkapkan, jika kegiatan itu menjadi suatu pembuktian bahwa Universitas Fajar dalam melalui program KKNE dapat bermanfaat langsung terhadap masyarakat di lokasi KKNE Unifa, sehingga selalu mendapatkan respon yang baik dan dukungan dari masayarakat serta pemerintah setempat.

“Program kkne unifa selalu dinantikan oleh pemerintah daerah, sampai saat ini bahkan banyak pemerintah daerah yang meminta untuk menjalankan program ini kembali di daerahnya, hal itu dikarenakan kkne unifa ini dinilai mampu memberikan manfaat besar dan dapat menyelesaikan berbagai permasalahan yang ada di desa,” ungkapnya.

“Apa lagi, dalam hal pengembangan kreatifitas dan inovasi desa yang diharapkan dapat meningkatkan ekonomi masyarakat serta membantu pemerintah desa maupun kelurahan yang memberikan pelayanan kepada masyarakat,” tambahnya.(tip/B)

Loading...
Loading...
Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

TRENDING

To Top