Ekonomi

Ribuan Ekor Sapi Bernilai Rp 49 M Dikirim ke Kalimantan

Ribuan ekor sapi yang kini berada di Karantina Pertanian Parepare (KKP) siap untuk dikirim ke Kalimantan

PAREPOS.CO.ID, PAREPARE– Sebanyak 2.904 ekor sapi dari empat kabupaten di Sulawesi Selatan akan dikirim ke Pulau Kalimantan, melalui jalur Pelabuhan Nusantara, Kota Parepare. Ribuan ekor sapi tersebut sebelum dikirim akan melalui Karantina Pertanian Parepare (KKP). Pengiriman sapi secara bertahap itu bernilai kurang lebih Rp 49 Miliar, untuk memenuhi permintaan sapi untuk hewan kurban. Pengiriman dilakukan secara bertap mulai Juni hingga penghujung Juli 2020, mendatang. Untuk tahap awal, jumlah sapi dikirim sebanyak 303 ekor sejak 4 Juni, lalu.

Kasubsi Yanop SKP Kelas I Parepare, Ahmad Nadif mengatakan, hewan mamalia itu berasal dari beberapa daerah. Ratusan ekor sapi itu telah melewati tahap pemeriksaan di Laboratorium KKP Parepare. “Sapi ini berasal dari Kabupaten Polman, Bone, Jeneponto dan Sinjai,”kata Ahmad. Ahmad pun memastikan, ribuan ekor sapi itu dipastikan memenuhi persyaratan sebelum dikirim.

“Sapi yang kita layani di sini adalah yang memiliki Surat Keterangan Kesehatan Hewan (SKKH) dari dinas terkait. Dan harus ditandatangani Dokter hewan. Setelah itu kita lakukan pengambilan sampel. Kemudian diperiksa di Laboratorium yang sudah terakreditasi. Setelah itu kami keluarkan sertifikat,” jelasnya.

Meski demikian, kata Ahmad, dirinya tak menampik adanya penurunan pembelian sapi dibanding tahun lalu. “Biasanya saat menjelang lebaran kurban pembelian sapi sudah meningkat di bulan Januari. Tetapi tahun ini pembelian baru mengalami peningkatan di bulan Juni,” ungkapnya.(ami)

Loading...
Loading...
Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

TRENDING

To Top