Presiden Jokowi akan Kunjungi Luwu Utara

  • Whatsapp
Presiden Jokowi akan Kunjungi Luwu Utara

PAREPOS.CO.ID, LUWU UTARA– Bencana alam banjir bandang yang terjadi di wilayah Kabupaten Luwu Utara mendapat perhatian langsung pemerintah pusat. Bahkan, Rabu 22 Juli, besok, Presiden RI Ir H Joko Widodo direncanakan akan melaksanakan kunjungan kerja dengan memantau kondisi warga pasca bencana alam di Kabupaten Luwu Utara.

Dari data yang dihimpun PAREPOS Online, kunjungan kerja tersebut akan dilakukannya usai berkunjung ke Manado, Provinsi Sulawesi Utara. Dari Bandara Udara Sam Ratulangi, Manado rombongan Presiden akan singgah di Bandara Internasional Sultan Hasanuddin Maros, untuk selanjutnya melakukan perjalan ke Kecamatan Masamba, Luwu Utara melalui jalur udara.

Bacaan Lainnya

Pesawat yang ditumpangi, Pesawat Kepresiden BBJ-2/A-001, rencana kunjungan ke Masamba Luwu Utara menggunakan 3 helikopter jenis Super Puma VVIP yang disiapkan di Bandara Internasional Sultan Hasanuddin di Maros, untuk mengantar rombongan Presiden RI, ke lokasi terdampak banjir bandang di Masamba, Luwu Utara, Sulawesi Selatan.

Kabid Humas Polda Sulsel, Kombes Pol Ibrahim Tompo belum bisa memastikan kedatangan orang nomor satu di Indonesia tersebut. “Belum pasti rencana tersebut. Info terakhir kemungkinan dibatalkan. Namun, kami siap setiap saat mengawal kedatangan tersebut,”singkatnya.

Dari data terbaru, untuk perkembangan status korban sementara, meninggal dunia 38 orang dan masih dalam pencarian bertambah menjadi 6 orang. Seperti diketahui, bencana banjir bandang air disertai lumpur dan pasir terjadi pada, Senin, 13 Juli 2020, sekitar pukul 21.00 Wita.

Dampak bencana teridentifikasi di sejumlah kecamatan, yakni Kecamatan Masamba, Sabbang, Sabbang Selatan, Baebunta, Barbunta Selatan, Malangke, dan Malangke Barat.

Data sementara dari BPBD setempat tercatat sebanyak 14.438 jiwa dari total 3.627 kepala keluarga (KK) mengungsi. Sebanyak 4.202 unit rumah warga ikut terdampak, sembilan unit sekolah, 13 unit rumah ibadah, rinciannya 12 masjid, dan satu gereja.

Sebelumnya, Presiden Jokowi sendiri sudah menyampaikan duka mendalam atas banjir bandang yang terjadi di Luwu Utara. “Saya menyampaikan duka cita yang dalam atas jatuhnya korban jiwa dalam bencana ini dan kepada keluarga yang ditinggalkan, kiranya diberiNya kesabaran dan kekuatan,” tulis Jokowi pada akun Instagram @jokowi, Jumat 17 Juni, lalu. (*/ade)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *